Tim Respons Bencana Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur (Kaltim ) membantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dan relawan kebencanaan untuk mencegah meluasnya kobaran api yang membakar lahan di Jalan Mukmin Faisal, Balikpapan Selatan, Senin (15/4).

"Kecepatan bertindak dan koordinasi yang solid terbukti mampu mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan tersebut," kata Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai di Balikpapan.

Danyon A Pelopor Kompol Iwan Pamuji  mengatakan tim respons bencana Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim bersama BPBD dan relawan bahu-membahu untuk memadamkan api secara manual menggunakan peralatan seadanya yakni ranting pohon, daun yang cukup tebal di pukulkan ke api.

Ia menyebutkan api sempat berhasil dipadamkan namun kembali berkobar sekitar pukul 17.12 WITA  dan saat ini 1 unit mobil Damkar berukuran sedang dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balikpapan Selatan tengah menuju ke titik api.

"Personel kami masih berjaga disana untuk membantu memadamkan api," katanya.

Sebelumnya peristiwa itu sempat ramai di grup relawan kebencanaan, peristiwa kebakaan lahan itu terjadi sekitar pukul 13.06 WITA.

Dari video yang bereda di grup itu, nampak asap hitam membumbung tinggi dari kejauhan, serta sulitnya akses menuju ke lokasi mengingat titik api berada di tengah lahan tanpa jalan yang laik untuk dilalui unit Pemadam Kebakaran (Damkar).
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024