Penjualan bingkisan Lebaran atau hampers di Kota Samarinda, Kalimantan Timur mengalami lonjakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024, di antaranya Snackku Samarinda dan Bakso Dandang Taci Samarinda.

"Peningkatan pesanan ini sebagian besar karena masyarakat ingin memberikan hadiah istimewa kepada keluarga dan rekan kerja," Karnita Wijaya pengusaha Hampers di Samarinda, Sabtu.

Karnita mengungkapkan pada momen lebaran tahun ini pihaknya menerima pesanan sebanyak 8.000 hampers atau tiga kali lipat dari biasanya.

" Banyak order yang masuk menunjukkan semangat masyarakat Kota Samarinda merayakan momentum Lebaran yang semakin dekat," jelasnya.

Berbagai kalangan, mulai dari individu hingga perusahaan, memilih hampers sebagai hadiah yang cocok untuk merayakan momen spesial.

Hampers di Snackku dijual mulai dari harga 6 ribu rupiah, sementara untuk Bakso Dandang, harganya disesuaikan dengan budget mulai dari 185 ribu rupiah.

Dengan kapasitas produksi yang besar, Snackku mampu membuat hingga 500 hampers snack dan Bakso Dandang hingga 200 porsi setiap harinya, dengan dukungan delapan pekerja tetap dan lima pekerja harian.

Karnita optimistis bahwa tren positif ini akan terus berlanjut menjelang Idul Fitri, dan memperkirakan akan ada peningkatan lebih lanjut menjelang puncak perayaan.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPKUKM) Provinsi Kalimantan Timur menggelar pengawasan terpadu dengan melakukan pengecekan terhadap sejumlah produk makanan di pasaran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPKUKM) Kaltim, Syahrani mengimbau kepada masyarakat agar lebih teliti saat membeli bahan makanan dengan memeriksa tanggal kadaluarsa, sertifikasi SNI, dan label halal.

" Kami anjurkan kepada masyarakat untuk mengecek dulu produk makanan dari bingkisan Lebaran sebelum dikonsumsi, demi menjaga kesehatan," pesan Syahrani.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024