Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Kalimantan Timur Mahyudin mengajak masyarakat mempersiapkan diri menyambut keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN)  di Kalimantan Timur.

"Dengan adanya IKN, Kaltim akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru yang akan mendorong perkembangan Kaltim di masa depan," kata Manyudin saat acara silaturahmi dan buka puasa bersama masyarakat Paser, Kamis (4/4).

Ia mengatakan masyarakat Kaltim perlu mempersiapkan sumber daya alam  (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) untuk turut ambil bagian dalam perkembangan IKN.

Menurutnya, ketergantungan akan Sumber daya Alam (SDA) seperti batubara harus segera dihentikan dan bertransformasi untuk lebih mengandalkan SDA yang dapat diperbaharui.

"Analisa saya, mungkin sekitar 10-15 tahun lagi, sektor pertambangan batu bara  akan berakhir, kita harus berubah memanfaatkan SDA yang dapat diperbaharui," katanya. 

Dalam kesempatan itu, Mahyudin menyampaikan gagasannya yaitu visi Kaltim keren yang diharapkan  membawa Kaltim menjadi provinsi yang maju.

Kata "Keren", ujar Mahyudin merupakan akronim dari beberapa gagasan yang akan diwujudkan dalam pembangunan Kaltim masa depan yaitu Kolaborasi, Ekonomi, Religius, Entrepreneurship, dan lingkungan Nyaman.

"Melalui visi Kaltim keren, diharapkan dapat mewujudkan sinkronisasi pembangunan di Kaltim," katanya. 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024