Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mematangkan persiapan arus mudik dan arus balik bagi masyarakat yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan menggunakan jalur darat, laut, dan udara di wilayah setempat.

Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim, Riza Indra Riadi di Samarinda, Selasa mengatakan pemerintah punya tanggung jawab untuk memberikan rasa aman pada kegiatan masyarakat yang menjalankan mudik dan bepergian di masa libur Lebaran.

"Kita berharap rapat dan persiapan ini akan memberikan manfaat pada penanganan arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024," ucap Riza saat membuka kegiatan Rakor Angkutan Lebaran di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim.

Rakor tersebut membahas masalah kesiapan menjelang arus mudik dan arus balik jalur darat, laut, dan udara, baik masalah pengamanan dan sarana dan prasarana serta perkiraan situasi menjelang, proses dan sesudah arus balik Lebaran.

Hadir dalam rapat perwakilan Dinas Perhubungan Kaltim, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan Dirlantas Polda Kaltim.

Riza mengatakan Pemprov Kaltim berkomitmen untuk memastikan keselamatan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik yang melintas di Kaltim.

Untuk mewujudkannya, lanjut Riza ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah mengatur angkutan lebaran dan memperhatikan ketersediaan armada, serta pengaturan trayek yang optimal.

Kemudian, berkoordinasi dengan stakeholder baik pusat dan daerah, TNI dan POLRI, Kementerian Perhubungan dan operator angkutan umum.

Poin selanjutnya yakni inspeksi angkutan lalu lintas dengan melakukan rampcheck angkutan umum untuk keselamatan. Menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana angkutan umum.

Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas dan posko bersama juga harus dilakukan serta inspeksi bersama pemantauan lebaran. Terakhir, adalah mematuhi aturan yang telah ditetapkan sebagai kunci perjalanan aman dan nyaman bagi semua pihak.

“Ini bukan tugas yang mudah, tapi saya percaya bahwa kerja sama antara semua pihak adalah kunci sukses dalam memastikan transportasi selama musim mudik berjalan lancar dan aman," jelasnya.

Riza berharap kepada seluruh pihak untuk bekerja sama dengan penuh dedikasi dan semangat untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang melakukan perjalanan selama musim mudik.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024