Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2024  membuka formasi seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja  (P3K) sebanyak 3.208 formasi.

"Jumlah formasi itu sesuai persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB)," kata 
Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Paer  Suwito, di Tanah Grogot, Jumat (15/3) 

Ia menjelaskan  sebanyak 3.208  formasi P3K sifatnya masih belum terinci dan akan dilakukan usulan terperinci melalui sistem informasi aparatur sipil negara (SIASN ) Perencanaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk divalidasi .

"Harapannya masing-masing perangkat daerah sudah menyelesaikan peta jabatan rinci untuk diusulkan dalam formasi tersebut,”.katanya

Lanjut Suwito, untuk penerimaan CPNS tahun 2024 ini dikhususkan untuk fresh graduate atau lulusan baru,  sasarannya memiliki kemampuan digital.

"Ini sesuai arahan  MenPANRB  bahwa prioritas sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan calon ASN tahun 2024  sasarannya fresh graduate yang memiliki kemampuan digital, " katanya.
 
Adapun pelaksanaan tahapan seleksi CPNS dan P3K, kata  Suwito pendaftaran dilaksanakan dalam satu tahapan, sedangkan untuk kegiatan seleksinya terdiri dari tiga tahapan.

"Untuk seleksi CPNS dilaksanakan pada akhir  Mei atau awal Juni sedangkan P3K akhir bulan Juli,  tetapi kami akan  terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk kepastian jadwal pelaksanaannya, " katanya.

Suwito  menambahkan perekrutan P3K  diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) - 2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024