Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Edi Damansyah mengingatkan pada organisasi perangkat daerah (OPD) memahami titik kritis dalam penyusunan rencana pembangunan, yakni harus efektif, efisien, dan berorientasi pada hasil.
 
"Dalam menyusun perencanaan pembangunan pun harus mengoptimalkan tiap sumber daya yang dimiliki," ujar Bupati dalam sambutan tertulis dibacakan Sekda Kukar Sunggono, saat Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah 2025, di Tenggarong, Rabu.
 
Hal ini perlu menjadi perhatian bersama, karena pembangunan merupakan upaya sistemik yang harus dilaksanakan secara simultan dan terintegrasi dalam bingkai pencapaian tujuan pembangunan di daerah.
 
Sedangkan pembangunan dilakukan memiliki beberapa tujuan, seperti untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, untuk perluasan kesempatan kerja dan lapangan berusaha, meningkatkan akses layanan publik, dan untuk meningkatkan daya saing daerah.
 
Ia melanjutkan, sasaran dari tujuan pembangunan daerah harus dapat diterjemahkan dan dipahami oleh seluruh pimpinan OPD dengan baik, sebagaimana tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing perangkat.
 
Sedangkan wujud dari komitmen pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah tergambar dari sasaran masing-masing OPD yang tertuang dalam Peraturan Bupati Kukar No.13/2021 tentang Rencana Strategis Perangkat Daerah 2021-2026.
 
"Untuk Rencana Strategis tersebut menjadi pedoman seluruh kepala perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja setiap tahun, berdasarkan kaidah-kaidah perencanaan yang tertib dan bertanggung jawab," katanya.
 
Ia juga mengatakan, pertemuan lintas perangkat daerah Rabu ini juga merupakan momentum untuk menyampaikan rencana kerja 2025, diikuti dengan analisa dukungan dari perangkat daerah lain yang memiliki keterkaitan dalam pembangunan.
 
Ia juga menekankan pentingnya pendekatan kewilayahan dalam proses perencanaan, sehingga camat, lurah dan kepala desa dapat memberikan masukan agar memperoleh perencanaan berkualitas karena dimulai dari bawah, karena suara dari merupakan kondisi riil yang diinginkan masyarakat.(Adv)
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024