Satuan Tugas (Satgas) Preventif Direktorat Samapta Polda Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan pengamanan pada kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kaltim usai masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi di daerah ini," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim Kombes Pol. Artanto saat dihubungi di Samarinda, Jumat.

Ia mengatakan, pengamanan dilakukan oleh personel Operasi Mantap Brata Mahakam 2023-2024 yang tergabung dalam Satgas Preventif.
 
Mereka melakukan patroli dan monitoring di lokasi-lokasi yang dianggap berpotensi menjadi sasaran gangguan keamanan.

"Kami melakukan evaluasi menyeluruh untuk memastikan keamanan lokasi pengamanan. Tidak ditemukan potensi keamanan yang mengancam KPU dan Bawaslu Provinsi Kaltim. Situasi dan kondisi di sana aman dan kondusif," ujar Artanto.
 
Ia menambahkan, situasi dan kondisi saat kunjungan atau kedatangan tamu eksternal di KPU dan Bawaslu Provinsi Kaltim juga dipastikan dalam keadaan aman dan kondusif. Hal ini menunjukkan profesionalisme dan kewaspadaan Satgas Preventif dalam menjaga keamanan secara menyeluruh.
 
"Melalui serangkaian kegiatan ini, Satgas Preventif menjaga keamanan serta menciptakan lingkungan yang kondusif dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum di Kalimantan Timur," tutur Artanto.
 
Sementara itu, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli meneruskan bahwa pihaknya juga melakukan pengamanan dan patroli Satgas OMB di Kantor KPU, Gudang Logistik KPU dan Bawaslu Kota Samarinda.
 
Ini adalah salah satu tugas Polri khususnya Polresta Samarinda dalam rangka mensukseskan rangkaian Pemilu 2024 yang aman, damai, dan tertib hingga pleno rekapitulasi berakhir.
 
Pada kesempatan yang sama, Padal Samapta Polresta Samarinda Iptu Sujono mengatakan, bahwa situasi di Kantor KPU Kota Samarinda berada dalam keadaan aman. Pelaksanaan kegiatan di kantor KPU berjalan lancar tanpa insiden yang mencolok, dan personil pengamanan hadir dengan lengkap.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024