Kota Balikpapan berhasil mempertahankan penghargaan Adipura Kencana sebagai kota terbersih kategori kota besar di tahun 2024.

"Alhamdulillah di tahun ini kita berhasil mempertahankan penghargaan yang tahun lalu juga berhasil kita capai," kata  Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud, di Balikpapan, Senin (4/3).

Ia menjelaskan, Kota Balikpapan merupakan satu-satunya kota besar yang berhasil meraih penghargaan prestisius tersebut.

Sedangkan untuk kategori Kota Metropolitan berhasil  diraih oleh Kota Surabaya (Jawa Timur).

Rahmad menyebutkan atas capaian tersebut, maka Kota Balikpapan sudah 25 kali berhasil meraih piala Adipura, diantaranya enam  merupakan Adipura Kencana, dan lainnya merupakan Adipura Paripurna.

Dikemukakannya Adapun Adipura Kencana  adalah merupakan penghargaan Adipura tertinggi kepada Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat sebagai kota yang berkelanjutan.

"Ini bukan hanya prestasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saja, tapi tidak lepas dari kerja sama semua instansi, dengan ujung tombak berada di tangan Lurah sebagai pengawas di lingkungan dan juga warga masyarakat di tingkat RT sebagai tulang punggungnya," katanya.

Menurutnya yang menjadi salah satu indikator penilaian itu adalah pasar, tentu di pasar terdapat petugas, pedagang dan masyarakat. Dalam arti mereka semua berhasil menjaga kebersihan.

"Maka saya ucapkan terima kasih kepada mereka," tuturnya.

Lanjut Rahmad tidak hanya itu, penilaian juga dilakukan di pengelolaan sampah hingga ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA). Dalam hal ini TPA di Balikpapan sudah harus Sanitary Landfill yaitu sampah bukan hanya dibuang namun ada penanganan setibanya di sana.

Kota Balikpapan mengandalkan TPA Manggar, di TPA itu telah melakukan inovasi pemanfaatan gas metan yang berhasil dihubungkan ke 300 rumah tangga di Kota Balikpapan.

"Artinya kinerja semuanya ini berhasil dan harus terus ditingkatkan, karena kota atau kabupaten lain juga tentu melakukan perbaikan untuk mendapatkan penghargaan itu," ujar  Rahmad.

Ia mengemukakan, piala penghargaan tersebut nantinya diterima langsung oleh dirinya yang nanti didampingi Kepala DLH Balikpapan Sudirman Djaya Leksmana serta perwakilan dari DPRD Balikpapan.

"Piala itu  nantinya diserahkan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, di Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Rabu (5/3)," kata Rahmad. (Adv)
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024