Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kalimantan Timur bersama pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemprov Kaltim melakukan pencegahan adanya spekulan di bulan Ramadan 1445 Hijriah.

“Ini sebagai langkah kami untuk memberikan kenyamanan masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, agar mereka tidak khawatir masalah harga di pasar khususnya untuk kebutuhan pokok,” kata Kabid humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Artanta,di Balikpapan, Selasa (4/2).

Dia menyebutkan Polda Kaltim melalui Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) menggelar  Inspeksi Mendadak (Sidak) bersama pemerintah Provinsi, kabupaten/kota..

“Kemarin kami bersama Penjabat (Pj) Gubernur juga sudah memantau harga di sejumlah pasar,” ungkapnya.

Dan hasilnya, hingga hari ini harga pangan di sejumlah pasar yang ada di Kalimantan Timur tetap stabil tidak ada kenaikan.

“Kami berharap hingga Ramadan nanti harga kebutuhan pokok tetap normal,” ujarnya.

Kendati demikian, bila ada informasi dari masyarakat terkait adanya dugaan spekulan maka pihak kepolisian akan lakukan penyelidikan.

“Kami akan tindak tegas bila ditemukan,” katanya.

Lanjut Artanta selama Ramadan nanti,pihaknya bersama pemerintah melakukan operasi pasar menjual beras dan kebutuhan pokok lainnya dan terus melakukan pemantauan harga di pasar-pasar, sehingga semua dalam pengawasan.

Selain itu juga pihak kepolisian saat ini menggelar operasi keselamatan dalam rangka menjelang bulan suci Ramadan dan Lebaran nanti. 

“Pada Bulan Ramadan kami akan melaksanakan operasi ketupat,” tutup Artanta.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024