Menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, harga sejumlah bahan pokok di Kota Balikpapan khususnya di pasar tradisional Klandasan Balikpapan masih stabil.

"Untuk harga cabai kisaran Rp40-60 ribu per kilogram, Begitu juga dengan bawang merah dan putih di harga Rp40 ribu per kilogram," kata Jumiati pedagang sembako di Pasar Klandasan, Senin (26/2).

Harga cabai kata dia untuk harga tergantung dengan jenisnya, sebab ada cabai kampung yang bisa didapat di Kaltim, adapula cabai yang harus didatangkan dari luar Kaltim. 

Bila harga cabai dan bawang stabil, berbeda dengan harga tomat yang cenderung menurun.

"Sekarang harga tomat Rp 20 ribu, sebelumnya hampir Rp50 ribu," sebutnya.

Adapun untuk harga sayuran segar kata dia juga masih tetap, tidak ada mengalami kenaikan ataupun penurunan.

Hal senada juga di ungkapkan Tukiyem (47) yang juga pedagang di pasar  Klandasan mengatakan harga serupa dengan bahan pokok. 

Dia meyakini harga akan terus terjaga dengan kelancaran pasokan bahan pokok dari daerah-daerah  seperti Pulau Jawa dan Sulawesi.
 
"Pasokan dari daerah luar saat ini lancar, makanya harga juga stabil. Kalau barang kurang lancar, maka harganya juga pasti akan naik," ujarnya. 
 
Ada pun komoditas yang mengalami kenaikan saat ini adalah beras. Terpantau, beras premium akhir-akhir ini melambung di beberapa kabupaten dan kota termasuk Kota Balikpapan.

Harga beras mencapai sekitar Rp19 ribu, dari harga awal Rp17 ribu per kilogram.
 
Hal itulah yang membuat Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik melakukan peninjauan ke gudang Bulog dan Pasar Klandasan Balikpapan.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024