Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus menggencarkan program Generasi Berencana (GenRe) dan Implementasi Nyata Genre Jaga Stunting (Ini Genting) untuk remaja di daerah ini.
 
Program GenRe dan Ini Genting bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan remaja dalam merencanakan masa depannya, termasuk dalam hal pernikahan dan kesehatan reproduksi, kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim Sunarto di Samarinda, Senin.

"Lewat program tersebut, kita punya pemahaman bahwa segala sesuatu itu ketika kita rencanakan dengan baik, insya Allah hasilnya juga akan baik," katanya.
 
Sunarto menjelaskan program GenRe lebih fokus pada remaja yang berusia di bawah 21 tahun. Alasannya, para remaja perempuan di atas 21 tahun umumnya ialah usia yang ideal untuk menikah dan hamil. Di usia tersebutlah mereka mengalami kesiapan biologis maupun psikologis.
 
"Ketika masih tumbuh alat reproduksinya dan ketika dia hamil, maka nutrisinya akan terbagi dua, sebagian untuk janin, sebagian untuk ibunya. Ini penting bagi mereka memahami gizi seimbang demi nutrisi yang baik bagi janin," jelasnya.
 
Oleh karena itu, Sunarto mengajak remaja untuk menunda pernikahan dan kehamilan sampai usia matang. Selain itu, ia juga mengingatkan remaja untuk menjauhi perilaku berisiko, seperti seks bebas, narkoba, dan terorisme.
 
Untuk mengimplementasikan aksi nyata dari GenRe, BKKBN juga terus menggenjot program Ini Genting, yang merupakan proyek prioritas nasional (Pro-PN).

Hal yang sama juga diterapkan Puskesmas Trauma Center Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda, Kalimantan Timur, membuka pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi (KBKR) sebagai bagian dari proyek prioritas nasional.
 
"Jadi tidak hanya sebatas retorika, tidak hanya sebatas teori, tetapi betul-betul mereka, para remaja putri dan putra harus mengimplementasikan program GenRe sebagai langkah nyata pencegahan stunting," ujarnya.
 
BKKBN Kaltim telah melakukan kegiatan pertemuan, pelatihan, dan edukasi terhadap berbagai kelompok remaja, seperti pelajar, mahasiswa, pemuda, dan komunitas.
 
"Kami mengharapkan, program GenRe dan Ini Genting dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan remaja dan kesejahteraan keluarga di Kaltim," tutur Sunarto.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024