Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap berkolaborasi dengan Bank Indonesia untuk mensukseskan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024 yakni memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berada di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T) untuk mendapatkan uang layak edar.

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Kaltim, Ujang Rachmad di Berau, Minggu, mengatakan pemerintah siap menjalin kerjasama untuk menyukseskan program dan memastikan pendistribusian uang rupiah mencapai seluruh wilayah Indonesia khususnya di Kalimantan Timur.

"Melalui kegiatan ERB ini, tidak hanya tersedia uang dengan kualitas yang baik bagi masyarakat, juga memberikan kebahagiaan melalui perhatian dari kunjungan Bank Indonesia ke Kepulauan Derawan," kata Ujang Rachmad.

Ujang mengungkapkan dari sisi pertumbuhan ekonomi Kaltim tumbuh sebesar 5,76 persen (yoy), sehingga triwulan IV 2023 lebih tinggi dibandingkan triwulan III 2023 yang tumbuh sebesar 5,29 persen (yoy).

"Kalimantan Timur juga menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi sepanjang tahun 2023 di wilayah Kalimantan," jelasnya.

Sementara dari sisi inflasi, sambungnya, pada Januari lalu, inflasi Kaltim sebesar 2,95 persen, masing-masing sebesar 2,95 persen (year on year) dan 0,25 persen (month to month).

"Angka ini merupakan gabungan dari 4 daerah perhitungan inflasi, yaitu Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Berau," sebutnya.

Untuk memastikan inflasi Kaltim masih berada dalam rentang target 2,5 kurang lebih 1 persen pada tahun 2024.

"Perlu terus kolaborasi dan sinergi untuk mengendalikan inflasi di Benua Etam," paparnya.

Kaltim lanjutnya, dikenal salah satu provinsi dengan kekayaan sumber daya alam, terutama dalam sektor tambang.

Namun, diakuinya, ketergantungan yang berlebihan pada pertambangan memunculkan risiko ekonomi.

"Diversifikasi ekonomi menjadi penting, dan pariwisata dapat menjadi salah satu jawabannya," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dipaparkan potensi pariwisata Kaltim yang memiliki keindahan pulau-pulau menakjubkan. Dengan total 419 pulau dan Kaltim menempati peringkat pertama sebagai provinsi dengan pula terbanyak di Kalimantan.

"Dari sekian banyak pulau yang tersebar di perairan Kaltim, terdapat pulau yang telah menjadi andalan pariwisata, seperti Pulau Derawan dan Maratua," ujarnya.

Kedua pulau ini jelasnya, tidak hanya menjadi destinasi wisata populer di Kaltim, tetapi salah satu tujuan utama bagi wisatawan dalam maupun luar negeri.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024