Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengingatkan kepada seluruh warga untuk mewaspadai potensi terjadinya peristiwa kebakaran di tengah kondisi cuaca yang belakangan ini cukup panas terik.

Bila melihat indikator cuaca yang ada di gawai, suhu di Kota Balikpapan pada siang hari  rata-rata berkisar 30 hingga 34 Derajat Celcius.

"Kondisi cuaca panas terik yang terjadi di Balikpapan harus menjadi perhatian semua warga untuk selalu waspada potensi bencana kebakaran," kata Rahmad Masud, di Balikpapan, Kamis (22/2).

Bahkan, berdasarkan informasi ada sebuah pohon yang berada di pinggir jalan di kawasan Manggar, Balikpapan Timur sempat mengeluarkan asap siang tadi, akhirnya dapat dipadamkan oleh Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan.

"Maka saya imbau, jaga saja tempat kita masing-masing agar tidak terjadi kebakaran, hindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab kebakaran" ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Usman Ali meminta agar warga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama terjadinya kebakaran. 

"Terlebih memperhatikan, tidak membakar sampah, kemudian apabila jalan meninggalkan rumah hendaknya sudah mematikan listrik, kompor di dapur serta lainnya," kata Usman Ali. 

Selain itu, Usman juga mengimbau kepada warga yang berkebun, apabila membakar, untuk tetap memperhatikan lahan yang dibakar.

Lebih baik katanya tidak ada pembakaran untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan..Beberapa hari ini kebakaran lahan itu juga kerap terjadi di Kota Balikpapan

"Kami sudah meminta ke rekan-rekan dari pencegahan untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya kebakaran langsung kepada masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida menyampaikan dalam tabel cuaca hampir di seluruh Kecamatan dalam kondisi panas.

"Namun di prediksi hujan pada dini hari," sebutnya.

Kendati panas, namun memasuki sore hari sejumlah kawasan cukup berangin, menurut perkiraan BMKG kecepatan angin itu berkisar 10-13 knot dari arah Timur Laut.

Adapun untuk hot spot atau titik panas di Kota Balikpapan berdasarkan data dari BMKG masih nihil atau tidak ada terdeteksi. (Adv)
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024