Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Nur Thoha mengatakan pendistribusian logistik pemilu di Kota Balikpapan sudah mencakup  24 kelurahan dari total 34 kelurahan yang ada.

"24 kelurahan itu untuk empat Daerah Pilih (Dapil) yaitu Dapil Balikpapan 1 (Kota), Balikpapan 6 (Selatan), Balikpapan 3 (Barat) dan Balikpapan 2 (Tengah)," jelas Thoha di Balikpapan, Minggu (11/2).

Menurutnya pendistribusian logistik pemilu di Kota Balikpapan sudah berlangsung sejak kemarin, dengan menyasar kelurahan di dua Dapil yaitu Dapil Balikpapan Selatan dan Balikpapan Kota.

Lanjutnya dari dua Dapil itu terdapat 12 kelurahan masing-masing 7 di Dapil Balikpapan Selatan yang memiliki 458 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 5 di Balikpapan Kota yang memiliki 233 TPS.

"Dari dua Dapil itu, kami mendistribusikan sebanyak 3.455 kotak suara, 2.290 di Balikpapan Selatan dan 1.165 di Balikpapan Kota dengan keterangan 5 kotak per TPS," sebutnya.

Kemudian di hari kedua tujuan distribusi logistik pemilu adalah Dapil Balikpapan Barat yang memiliki 263 TPS dari 6 kelurahan.

"Untuk di Dapil ini ada 1.315 kotak suara," tuturnya.

Selanjutnya di Dapil Balikpapan Tengah terdapat 315 TPS yang juga memiliki 6 kelurahan dengan total kotak suara 1.575.  Artinya, di hari kedua ini KPU mendistribusikan sebanyak 2.890 kotak suara.

Pendistribusian pemilu hari kedua turut dihadiri Kapolresta Balikpapan Komisaris besar Polisi (Kombes Pol) Anton Firmanto yang melepas langsung bendera start di Gudang Logistik KPU, Jalan Somber, Balikpapan Utara.
Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto mengangkat  bendera start menandai pendistribusian logistik pemilu di hari kedua, Minggu (11/2). (Antaranews Kaltim-H.O-Polresta Balikpapan)


Thoha menuturkan  KPU Balikpapan untuk pendistribusian logistik langsung menyasar ke kelurahan mengingat semua wilayah merupakan daratan dan mudah di akses.

"Balikpapan ini semuanya mudah di jangkau, maka kami gunakan sistem bypass dari KPU langsung ke kelurahan. Hal itu bisa mempersingkat waktu, tenaga hingga biaya," katanya..

Selain itu, untuk menjamin keamanan logistik, kotak suara dan surat suara dibungkus di dalam plastik bening agar logistik itu tidak rusak.

"Ini sebagai antisipasi bila terjadi hujan, kerawanan di Balikpapan hanya cuaca maka terlebih dahulu kami lakukan antisipasi agar logistik itu tidak rusak," ucapnya.

Dikemukakannya sejauh ini semua pendistribusian logistik berjalan lancar dan masih sesuai dengan agenda yang telah dirancang sebelumnya.

"KPU Balikpapan menargetkan pendistribusian ini bisa rampung dalam tiga tepat pada besok, Senin (12/2) yang menyisakan dua Dapil  lagi yaitu Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur," ujar Thoha.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024