Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk kelompok tani yang tersebar di beberapa kecamatan dengan tujuan  meningkatkan produksi pangan.

“Alsintan modern diberikan kepada kelompok tani yang ada di daerah sentra pangan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser, Erwan Wahyudi, di Tanah Grogot, Selasa (6/2). 

Pengadaan Alsintan ini katanya, bersumber dari dana APBD Kabupaten Paser dan APBD Provinsi Kaltim, serta APBN. 

Adapun melalui APBD Kabupaten Paser digelontorkan  sebanyak 38 unit traktor tangan roda dua, 9 unit traktor tangan rotari, 30 unit alat perontok padi, 22 unit traktor mini. 

Selain itu, tiga unit eksavator untuk tiga kelompok kegiatan (poktan) yaitu Poktan Suka Maju Desa Sebakung Taka, Poktan Sedia Makmur Desa Sempulang, dan Poktan Kupang Jaya Desa Sempulang. 

Kemudian pemberian alsintan yang bersumber dari APBD Provinsi Kaltim, sebanyak 30 unit traktor tangan roda dua dan 17 unit alat perontok padi.

Sedangkan bantuan pemerintah pusat melalui dana APBN pada tahun 2024 memberikan bantuan dua unit roda tiga untuk sarana pasca panen dan sarana pengolahan hortikultura. 

"Semua nama -nama penerima masih dalam tahap identifikasi," katanya. 

Erwan menambahkan DTPH Paser terus meningkatkan sarana dan prasarana penunjang produksi pertanian guna meningkatkan produksi. 

Selain memberikan alsintan, tahun ini DTPH Paser juga menyalurkan bantuan benih untuk dikembangkan di lahan 5.000 hektar yang tersebar di beberapa kawasan sentra pangan. 

“Bantuan benih disalurkan di empat kecamatan yakni di Kecamatan Long Ikis, Long Kali, Pasir Belengkong, dan Tanah Grogot,” tutup Erwan.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024