Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), membangun ulang SD Negeri 040 di Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, agar dapat menampung peserta didik yang diperkirakan terus meningkat. 
 
Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin di Penajam, Senin, mengatakan dialokasikan lebih kurang Rp15 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk pembangunan ulang SDN 040 tersebut yang merupakan prioritas .
 
"Perencanaan sudah diserahkan kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk proses lelang dan ditargetkan pada April 2024 mulai pengerjaan fisik," ujarnya.
 
Gedung bangunan SDN  040 itu, lanjut dia, akan dibangun ulang lebih besar dan terdiri dari bangunan dua lantai.
 
Pertimbangan membangun ulang SDN 040 itu, kata dia, karena sekolah berada di sekitar perumahan yang padat penduduk dan diperkirakan jumlah peserta didik akan terus bertambah.
 
"Potensi murid di SD Negeri 040 terus bertambah karena di sekitarnya banyak perumahan yang padat penduduk. Jadi akan dibangun lebih besar," kata Alimuddin. 
 
Perencanaan awal Dinas Dikpora Kabupaten Penajam Paser Utara hanya menambah ruang belajar atau ruang kelas SDN  040 di Kelurahan Nenang itu. Namun dengan pertimbangan potensi peserta didik bertambah dan kondisi juga sudah kurang layak,  maka diputuskan untuk membangun ulang sekolah tersebut.
 
"Dengan berbagai pertimbangan, diputuskan SDN  040 dibangun ulang dan menambah ruang kelas," ucapnya.
 
Dinas Dikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjutnya, juga melakukan pembenahan dan perbaikan sejumlah sekolah lainnya agar layak sebagai tempat kegiatan belajar mengajar.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024