Samarinda (ANTARA Kaltim) – Minimnya fasilitas pendidikan di daerah pedalaman kembali membuat prihatin anggota DPRD Kaltim, Yakub Ukung. Derasnya kritikan terhadap kualitas pendidikan di daerah pedalaman tetap saja belum membuka mata pemerintah untuk berbuat lebih optimal.

“Saya sangat mengharapkan agar pemerintah tidak henti-hentinya mengadakan pemerataan infrastruktur khususnya dalam bidang pembangunan dan pendidikan di wilayah pedalaman Kaltim. Standarisasi guru, fasilitas dan infrastruktur, masih kurang memadai,” ungkap Yakub.

Menurut Yakub dukungan fasilitas dan infrastruktur sangat penting bagi kinerja guru di pedalaman. Minimnya kedua item itu justru membuat guru di pedalaman mangkir dari tugasnya dan memilih untuk mengabdi di perkotaan.

“Apabila para guru tidak mendapat perhatian lebih, respek terhadap tugas dan tanggungjawabnya pun menurun. Ini sudah beberapa kali terjadi, banyak yang meninggalkan tugasnya karena beberapa kebutuhan dasarnya kurang terpenuhi oleh pemerintah,” ucapnya.

Selanjutnya Yakub memaparkan, bahwa pendidikan di pedalaman selain membutuhkan fasilitas juga pengawasan akan kualitas termasuk di dalamnya kesetaraan kurikulum. “Ke depannya saya mengharapkan pemerintah akan terus memperbaiki sistem pendidikan dan pengajaran yang ada demi majunya kualitas pendidikan yang merata di Kaltim,” tutup Yakub. (Humas DPRD Kaltim/adv/aul/dhi/met)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014