Sangatta (ANTARA Kaltim) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur, kini sedang menyiapkan sekitar 250 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan menghadapi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha 1435 Hijriah.

"Kami sudah menyiapkan 250 ekor untuk disiapkan untuk menghadapai Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur Ir. Syarifuddin Ginting di ruang kerjanya, Rabu.

Menurut Kadis Pertanian dan Peternakan Syarifuddin Ginting, sapi-sapi tersebut sedang dibina di kelompok-kelompok tani peternak di berbagai kecamatan, khususnya kelompok penggemukan.

"Kami juga membina satu kelompok khusus penggemukan di Kecamatan Teluk Pandan dan ratusan ekor lainnya disiapkan karena kebutuhan daging sapi setiap lebaran itu cukup tinggi," ujarnya.

Didampingi Kabid Peternakan Diah Nurningrum, Kadis Syarifuddin Ginting menambahkan bahwa berdasarkan statistik, bahwa hari raya idul fitri dan idul adha setiap tahun kebutuhan daging sapi cukup tinggi, yakni rata-rata antara 400 hingga 500 ekor.

Kebutuhan setiap Idul Fitri dan Idul Adha berkisar 400 hingga 500 ekor. "Oleh karena itu, kami akan menyiapkan 250 ekor sedangkan kekurangannya itu akan dipenuhi oleh para pengusaha swasta yang selama ini telah menekuninya," ujarnya.

"Yang kami siapkan 250 ekor itu kan belum cukup, dan lainnya akan dipenuhi pengusaha lokal dengan mendatangkan sapi dari luar daerah, seperti Sulawesi Selatan," ujarnya.   (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014