PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan tetap beroperasi selama masa libur akhir tahun Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan memproduksi berbagai jenis bahan bakar minyak hingga 260 ribu barel per hari.

"Menyambut periode akhir tahun, Kilang Balikpapan tetap beroperasi. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kami juga telah mempersiapkan diri. Pengaturan telah dilakukan baik dari sisi pengelolaan crude sebagai bahan bakunya, peralatan dan juga sumber daya manusianya serta memastikan produk yang dihasilkan dari kilang dapat tersalurkan ke titik serah di Pertamina Patra Niaga," kata Pejabat Sementara Humas PT KPI Unit Balikpapan Lifania Riski Nugrahani di Balikpapan, Selasa.

Lifania menjelaskan bahwa untuk memastikan ketersediaan BBM di akhir tahun merupakan salah satu bentuk sinergi Pertamina Group.

"Masing-masing entitas memiliki peranan dan tanggung jawab masing-masing. Kami di sisi Kilang bertugas memastikan kilang berproduksi menghasilkan produk-produk sesuai dengan rencana. Rekan-rekan di pemasaran selanjutnya bertugas memastikan produk BBM tersalurkan ke masyarakat sesuai kebutuhan dan peruntukannya," jelas Lifania.

Baca juga: Dari Dome di Ruhui Rahayu ke Baitur Rahmat Kampung Baru

Menyambut tahun baru, Lifania juga tetap menyampaikan harapannya agar operasional kilang tetap berjalan dengan aman dan lancar.

"Menyambut tahun baru, kami berharap masyarakat sekitar kilang juga dapat membantu menjaga kilang, di antaranya tidak bermain kembang api yang mengarah ke kilang, tidak berkendara secara bergerombol melewati Djalan Minjak (Jalan Yos Sudarso) dan bentuk dukungan-dukungan lainnya," harap Lifania.

Pada kesempatan itu juga Lifania mengucapkan terima kasih atas dukungan para pemegang wewenang untuk kelancaran operasional kilang.

"Tanpa dukungan itu pasti kami akan mengalami kesulitan dalam menjalankan operasional kilang. Terima kasih atas dukungan yang diberikan semua pihak. Semoga kita dapat terus berkolaborasi dan sinergi," ujarnya.

Sepanjang periode Januari sampai November 2023 Kilang Balikpapan telah mengolah minyak mentah sebanyak 85,4 juta barrel. Angka ini meningkat sekitar 21 persen dibandingkan tahun lalu untuk periode yang sama. Sampai akhir tahun 2023, Kilang Balikpapan diharapkan dapat mengolah hingga sekitar 89,3 juta barel minyak.

Baca juga: Agar api tak sekehendak hati

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023