Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memastikan persediaan bahan pangan di wilayah itu untuk menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tercukupi,

Sekretaris Daerah Pemkab Penajam Tohar, di Penajam, Selasa, mengatakan komoditas pangan di pasar bahkan cukup hingga setelah perayaan Tahun Baru 2024.

Dia memastikan tidak ada lonjakan harga komoditas di pasar seperti yang terjadi jelang Natal dan pergantian tahun.

"Dinas dan lembaga yang memilik tugas.pokok terkait komoditas pangan telah diminta memantau harga di pasaran," ujarnya.
 
Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara, menurutnya, rutin memantau harga dan ketersediaan komoditas pangan jelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Baca juga: Penajam kendalikan harga lewat subsidi ongkos angkut cegah inflasi
 
"Mulai pertengahan November 2023 sampai sekarang, tim rutin lakukan pantauan ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok," kata Kepala Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Saidin.
 
Saidin menyebut komoditas pangan di sejumlah pasar tradisional masih dijual dengan harga normal, dan ketersediaan bahan pokok akan tetap aman.
 
Sebelumnya, harga cabai di Kabupaten Penajam sempat mencapai Rp110.000 per kilogram. Tapi, harga itu kembali normal dan saat ini Rp80.000 per kilogram.
 
Dinas Kukmperindag, lanjutnya, memantau lonjakan dan penurunan harga komoditas pangan, selain pasokan untuk pasar. Pantauan itu menjadi dasar pengambilan kebijakan agar tepat dan cepat mencapai sasaran.
 
"Antisipasi harus dilakukan karena Natal dan tahun baru semakin dekat, biasanya permintaan meningkat," demikian Saidin.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Penajam susun langkah pengendalian inflasi

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023