Tenggarong  (ANTARA Kaltim) -  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menggelar Safari Jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW),  di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu.

"Safari Jurnalistik diikuti 70 peserta, sedangkan UKW diikuti 28 orang  terdiri dari 7 tingkat Utama, 7 Madya dan 14 tingkat wartawan muda," ujar Ketua PWI Kaltim Maturidi pada pembukaan acara itu.

Adapun narasumber dan tim penguji dalam kegiatan yang berakhir Kamis (8/5) tersebut, diantaranya Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Direktur Program Pendidikan PWI Pusat Encub Soebekti, Banjar Chaeruddin serta tim penguji PWI Pusat lainnya.

Maturidi mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme wartawan dalam bertugas, sebagaimana tanggung jawab PWI.

Sementara Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengatakan safari jurnalistik di Tenggarong merupaan kegiatan safari pertama kali pada 2014, di Karawang (Jawa Barat), Malang (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara) dan Mataram (Nusa Tenggara Barat).

"Kegiatan ini merupakan usaha menciptakan wartawan yang profesional,  berwawasan dan beretika," ujarnya.

Sedangkan Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf saat membuka acara itu, mengapresiasi Safari Jurnalistik dan UKW dilaksanakan di Kukar. 
     
Menurutnya, UKW sangat tepat untuk memberikan standarisasi kepada wartawan.

"Ini penting, agar berita yang disajikan valid, berimbang dan sesuai kode etik jurnalistik,  karena dibuat oleh wartawan profsional yang bersertifikat UKW," katanya.

Ghufron berharap dengan mengikuti kegiatan tersebut mutu dan profesionalisme wartawan dalam memberikan berita kepada masyarakat semakin meningkat.     (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014