Tanjung Selor  (ANTARA Kaltim) -  Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama  (SMP)   di Kabupaten Bulungan,  Provinsi Kalimantan Utara   (Kaltara) berjalan  aman dan lancar  baik di sekolah negeri maupun swasta.

“ Dari pendistribusian soal ujian hingga pelaksanaan  dihari pertama  tidak ada kendala, semua berjalan lancar, “ kata kepala Sekolah SMP swasta Bulungan,” Hadi Purwanto , di Tanjung Selor, Senin (5/5).

Ia mengatakan, jika ada kendala  pihaknya segera melapor kepada instansi terkait, jangan sampai siswa dan siswi yang mengikuti ujian terganggu dan dirugikan  sehingga mempengaruhi  kelulusan siswa.

Hadi Purwanto mengungkapkan meskipun persiapan dan pendistribusian  soal ujian berjalan lancar, namun pada hari pertama pelaksanaan  ada kendala sedikit yakni soal yang ada  terbagi dua , yaitu  ada yang bersampul dan  ada pula tidak bersampul.

Mengetahui hal itu, maka  pihak pengawas ujian segera memberikan penjelasan  kepada para peserta ujian  serta menulis ulang petunjuk teknis  (Juknis) ujian dipapan tulis. Padahal  seharusnya  satu siswa mendapatkan satu juknis.

“Meskipun demikian  hal itu tidak sampai menganggu peserta dalam mengerjakan soal ujian yang dinilai cukup rumit,” katanya.

Hadi Purwanto menjelaskan ujian nasional tahun ini di sekolah SMP Bulungan  yang terakreditasi B di ikuti sebanyak  12 orang peserta, dari daftar nama tetap (DNT) sebanyak 17 orang.

“Dari lima orang siswa yang tidak hadir tersebut di antaranya  selain tanpa keterangan , ada juga pindah mengikuti orangtuanya,” katanya.

Sementara itu seperti diketahui bahwa  ujian nasional  tingkat SMP di Kabupaten Bulungan yang dilaksanakan  dari  tanggal 5   hingga 7 Mei 2014, akan diikuti sebanyak 2.030 pelajar.  

Jumlah peserta ujian nasional  tersebut  terdiri  dari 51 SMP yang ada di  Bulungan,  antara lain  lima  sekolah swasta dan 46 sekolah negeri. (*)






Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014