Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan sebagai peringkat ketiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terbaik di Provinsi tersebut dalam kategori pengelolaan kepegawaian. 
 
"Kami sangat bersyukur atas pengakuan ini. Ini adalah hasil kerja keras seluruh tim dalam mengelola kepegawaian dengan baik," ujar Kepada Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Mualimin di Samarinda, Selasa.
 
Penghargaan yang diterima langsung dari Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan bagi  Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.
 
Dia mengatakan, dalam pengelolaan kepegawaian, Dinas Kesehatan Kaltim tidak hanya fokus pada rekrutmen, tetapi juga pada pembinaan dan pengembangan karir pegawai.
 
"Kami memiliki rencana kebutuhan pegawai yang jelas dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Setiap pegawai, baik ASN maupun non ASN, mendapatkan pembinaan yang sesuai dengan status kepegawaian mereka," kata Jaya.
 
Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Dinas Kesehatan Kaltim untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan kepegawaian dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
 
Dia menegaskan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan pengelolaan kepegawaian. 
 
Dikemukakannya, sebagai bagian dari komitmen tersebut,  setiap akhir tahun, dinasnya melakukan evaluasi kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh pegawai.
 
"Kami melakukan tes bebas Narkoba dan pemeriksaan kesehatan lainnya untuk memastikan bahwa semua pegawai kami dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya," kata Jaya. 
 
Menurutnya, ini adalah bagian dari pembelajaran sebuah institusi dan upaya untuk membangun kelembagaan yang lebih baik.
 
Selain itu, Dinas Kesehatan Kaltim juga melakukan evaluasi tahunan untuk mengetahui indikator kinerja pegawai, yang mencakup pembangunan kelembagaan, reformasi birokrasi, tata kelola, dan manajemen sumber daya manusia.
 
 "Kami berharap dengan upaya ini, kami dapat meraih kategori yang lebih tinggi dari tahun ini," kata Jaya.
 
Dengan langkah-langkah ini katanya, Dinas Kesehatan Kaltim menunjukkan dedikasinya dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif, sekaligus memastikan bahwa layanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat adalah yang terbaik.
 
Dikemukakannya penghargaan peringkat III perangkat daerah terbaik kategori pengelolaan kepegawaian diberikan berdasarkan penilaian terhadap efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan pemerintahan.
 
Jaya menambahkan kriteria penilaian meliputi perencanaan, rekrutmen, pembinaan, dan pengembangan karir pegawai. Dinas Kesehatan Kaltim berhasil menunjukkan komitmen dan inovasi dalam aspek-aspek tersebut, sehingga layak mendapatkan penghargaan ini. (Adv/Dinkes Kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023