Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menggelar Seminar Character Building di Kota Samarinda guna meningkatkan mental para pemuda Kalimantan Timur.

“Kegiatan itu merupakan penyelenggaraan kedua setelah di Kota Balikpapan pekan lalu. Kegiatan seminar di Samarinda diikuti 100 orang perwakilan dari perguruan tinggi,” ujar Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading di Samarinda, Jumat.

Rasman, mewakili Kadispora Provinsi Kaltim Agus Hari Kusuma, membuka Seminar Character Building bertema “Kenali Dirimu dan Kejar Suksesmu” yang dimulai pada Kamis (23/11).

Pembangunan karakter digelar sebagai upaya mencerdaskan kehidupan anak bangsa terutama para pemuda, agar memiliki karakter pejuang dan tidak mudah pesimis, tidak mudah menyerah, serta selalu berpikir positif.

Para pemuda juga dituntut memiliki sikap yang tinggi yaitu baik dan ramah, selain mampu mengenali diri secara baik. Karakter lain yang juga dikembangkan adalah kemampuan kepemimpinan, kepoloporan, serta kemampuan kewirausahaan agar bisa sukses sesuai dengan bidang yang digeluti.

Baca juga: Dispora Kaltim tekankan kemandirian pemuda

Narasumber seminar itu adalah penulis buku, pakar hukum dan manajemen organisasi Iqbal Suwandie serta Ketua Yayasan Kaltim Cerdas Nusantara Nurdiansyah.

Rasman mengatakan seminar diharapkan mencetak karakter pemuda Kaltim yang lebih tangguh dan tidak mudah berputus asa ketika menghadapi masalah.

Banyak orang punya daya saing, menurut Rasman, tapi fondasi karakter maupun sikap mereka rendah. Seminar itu berupaya membangkitkan jiwa tahan banting dari para pemuda, selain memiliki rasa tanggung jawab sebagai harapan bangsa.

“Melalui seminar ini kami tekankan para peserta perlu memiliki karakter kuat agar tidak mudah terpengaruh dengan berbagai godaan. Untuk membuat pemuda kuat secara mental, maka perlu dibekali dengan pembangunan etika dan lainnya yang tujuannya untuk menguatkan mental,” kata Rasman. (Adv)

Baca juga: Dispora Kaltim gelar pemilihan pemuda terbaik daerah

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023