Kesebelasan sepak bola wanita asal Samarinda, Gerilya Women FC, berhasil menjadi juara 1 dalam babak final Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2023 yang berlangsung Selasa sore ini.

"Kami bersyukur karena kejuaraan ini selesai. Selama pertandingan sejak 15 November lalu hingga hari ini, semuanya berjalan dengan lancar,” kata Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim Masturi Akbar Tapipullah seusai menyerahkan piala di Samarinda, Selasa.

Berhasil menempati posisi kedua dalam kejuaraan ini adalah Kartanegara Women FC dari Kabupaten Kutai Kartanegara, dan juara 3 diraih oleh Tim Afika Women FC dari Kota Bangun Kukar.

Selain mendapat piala dan medali, masing-masing pemenang juga mendapat uang pembinaan dari Pemprov Kaltim, yakni juara pertama mendapat Rp20 juta, juara kedua Rp10 juta, dan juara ketiga memperoleh Rp7,5 juta.

Baca juga: Pemprov Kaltim gelar sepak bola wanita untuk persiapan PON 2024

Tapip mengatakan kejuaraan ini sangat berarti bagi tim sepak bola wanita di Kaltim, karena selain sebagai ajang mencari bibit unggul juga menjadi pembinaan untuk meningkatkan prestasi olahraga.

“Sepak bola wanita Kaltim telah lolos di Pra-PON, sehingga melalui ajang Piala Gubernur Kaltim 2023 ini juga sebagai persiapan Kaltim menghadapi PON XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024,” katanya.

Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim ini merupakan kejuaraan yang digelar untuk pertama kalinya. Selama ini memang sudah ada piala gubernur, tapi bukan untuk wanita.

"Dua tahun lalu memang ada kejuaraan sepak bola wanita, tapi bukan piala gubernur, tetapi Piala Pertiwi Cup Kaltim 2021. Sedangkan untuk Piala Gubernur Kaltim baru kali ini, khusus untuk sepak bola wanita,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kejuaraan ini merupakan ajang memotivasi pesepakbola wanita untuk terus meningkatkan prestasi, sehingga diharapkan ada lagi kejuaraan untuk wanita lagi yang digelar oleh pihak lain baik oleh swasta maupun kabupaten/kota di Kaltim. (Adv)

Baca juga: Kaltim gelar Kejuaraan Sepak Bola Wanita songsong IKN

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023