Sebanyak 10 Satuan Karya (Saka) terlibat dalam Perkemahan Barasaka 2023 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang dipusatkan di Buperta Taman PKK, Kota Bontang selama empat hari pada 15 hingga 18 November 2023.

Sebanyak 10 Saka tersebut antara lain Saka Bahari, Husada, Kalpataru, Bhayangkara, Kencana, Pariwisata, dan Wanabakti dari berbagai daerah di Kaltim, sehingga mereka terlibat dalam pembinaan dan pengasahan kapasitas diri. 

"Fungsi Perkemahan Barasaka dalam proses pencapaian tujuan kepramukaan, ada beberapa fungsi Pramuka yang dilaksanakan di giat ini," kata Bahri, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, saat penutupan Perkemahan Barasaka 2023 di Buperta Taman PKK, Kota Bontang pada Sabtu, 18 November 2023.

Ia menyatakan, setiap generasi muda membutuhkan kegiatan menyenangkan, sekaligus mendidik agar mereka menjadi individu yang lebih baik. 

Untuk itu, dalam perkemahan ini juga diisi berbagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan, mempunyai tujuan peningkatan kapasitas, menyehatkan, dan terarah.

Baca juga: Dispora Kaltim: Pramuka untuk kembangkan potensi diri

"Kegiatan Pramuka juga merupakan tugas yang diemban dengan ikhlas, kerelaan, dan pengabdian, sehingga melalui Pramuka inilah mereka dapat membaktikan diri secara sukarela demi mencapai tujuan Kepramukaan," kata Bahri. 

Perkemahan Barasaka ini ditutup oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bontang Kak Budi Supriyanto, didahului prosesi tutup adat Besai Berintai, yaitu menebaskan mandau ke pohon yang sudah disediakan sebagai media. 

Selanjutnya diadakan pelepasan tanda peserta yang didahului oleh Ketua Kwarcab, disusul pemakaian tanda telah mengikuti Perkemahan Barasaka 2023 oleh Dispora Kaltim yang diwakili Bahri, selaku Kabid Pemberdayaan Pemuda.

"Pramuka memiliki peran sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan organisasi Kepramukaan, maka setiap kegiatan Pramuka dalam bentuk latihan berkala adalah suatu upaya untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai," kata Bahri. (Adv) 

Baca juga: 600 anggota Pramuka di Kaltim akan hadiri Raimuna daerah

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023