Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sunggono menyatakan untuk mendukung visi Indonesia Maju 2045 diperlukan perubahan “mindset” dan “culture set” aparatur sipil negara sebagai komponen utama mesin birokrasi.

"Perubahan 'mindset' (kerangka pikir) menuju birokrasi kelas dunia setidaknya menuntut adanya rencana aksi konkret yang diterjemahkan melalui pembangunan sumber daya manusia (SDM) ASN unggul,” kata Sunggono di Balikpapan, Jumat.

ASN unggul tersebut, menurutnya, antara lain dicirikan dengan SDM yang memiliki jiwa pekerja keras, bekerja cerdas, dinamis, adaptif, lincah serta terampil dalam penguasaan teknologi informasi, memiliki kapabilitas, integritas, dan komitmen kerja tinggi.

Ia mengatakan hal ini saat Penguatan Implementasi "Core Values" dan "Employer Branding" ASN BerAKHLAK, sebagai Internalisasi Berakhlak dan Mindset “Bangga Melayani Bangsa” bagi ASN di lingkungan Sekretariat Kukar.

Sebagai langkah pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia dan melaksanakan kode etik, termasuk kode perilaku Undang-undang ASN, maka diperlukan keseragaman nilai-nilai dasar ASN, katanya.

Baca juga: Bupati: Kebutuhan dasar jadi prioritas Program Kukar Idaman

"Untuk itu, pada 27 Juli 2021 Presiden Joko Widodo meluncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN, Bangga Melayani Bangsa. BerAKHLAK, maka harus berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif,” katanya.

Peluncuran Core Values bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ('core values') bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Setiap ASN di mana pun bertugas, lanjutnya, seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama.

Ia mengatakan seluruh ASN dari berbagai latar belakang profesi harus mempunyai nilai dasar dan proposisi nilai rujukan yang sama, baik bagi ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.

"Setiap ASN mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jiwa melayani dan membantu masyarakat harus ditanamkan dalam diri setiap ASN,” kata Sunggono.

Baca juga: Pemkab Kukar terbaik transaksi produk dalam negeri nasional

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023