Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menggerakkan ratusan pemuda di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk berani menjadi wirausaha dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Melalui kegiatan seminar kewirausahaan, kami targetkan para pemuda tampil sebagai pengusaha karena syarat jadi pengusaha adalah harus berani mencoba," kata Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman di Muara Badak, Kaltim, Sabtu.

Seminar tersebut digelar di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara dengan peserta sebanyak 135 pemuda-pemudi, dari target 150 peserta.

Dispora Kaltim menampilkan dua sosok pengusaha muda daerah yang dapat menjadi panutan para peserta yaitu pemilik Taman Wisata Salma Shofa di Samarinda dan pemilik Taman Wisata Pantai Panrita Lopi di Muara Badak.

Baca juga: Wirausaha Wisata Sebut Rasa Takut Berwirausaha Merupakan Musuh Utama

"Mereka adalah para pengusaha daerah yang memulai kegiatan dari kecil seperti jualan taman hias," kata Rasman tentang pemilik usaha Taman Salma Shofa.

Dari jualan tanaman hias, lanjutnya, Taman Salma Shofa berkembang menjadi arena wisata dengan kolam renang untuk anak-anak hingga dewasa, serta terdapat wahana mancakrida (out bond).

"Narasumber kedua adalah pemilik Taman Wisata Pantai Panrita Lopi yang menjadi lokasi seminar. Usaha wisata itu diawali dari nol. Pemilik saat itu adalah nekat membuka usaha wisata, tapi kini objek wisata itu menjadi sangat terkenal,” katanya.

Dispora Kaltim sengaja menggelar seminar di lokasi wisata agar para peserta dapat berinteraksi dengan pemilik dan pengelola wisata secara langsung, terutama terkait rencana awal, modal awal, hingga menjadi terkenal.

Baca juga: Samsun ajak kaum milenial jadi wirausahawan bidang pertanian

Risman menekankan para peserta agar punya pola pikir sebagai pengusaha yang itu berbeda dengan pola pikir pekerja.

"Pola pikir pekerja adalah merencanakan dulu baru bekerja, sedangkan pola pikir pengusaha adalah bertindak dulu. Jika ada masalah, baru mencari solusi dan melakukan evaluasi," katanya.

Para peserta dalam kegiatan Seminar Wirausaha Pemula itu berasal dari 13 desa yang tersebar di Kecamatan Muara Badak. Mereka diharapkan berani mencoba menjadi pengusaha dimulai dari kecil.

Baca juga: Otoritas IKN ajak masyarakat berlatih wirausaha

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023