Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, siap membantu mengamankan sejumlah kegiatan kunjungan Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia, salah satunya peletakan batu pertama pembangunan bandara Naratetama (very very important person/VVIP) prasarana penunjang transportasi Kota Nusantara.

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke IKN Nusantara, jelas Kapolres Penajam Paser Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hendrik Eka Bahalwan di Penajam, Senin, dijadwalkan pada 1 November 2023.

Tetapi, lanjut dia, belum bisa dipastikan titik kunjungan Presiden Jokowi karena belum ada pemberitahuan resmi dari protokoler kepresidenan menyangkut kunjungan di Kota Nusantara itu.

Pengaman kunjungan Presiden Jokowi di bawah komando Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman dan Komando Resor Militer (Korem) 091 Aji Surya Natakesuma, dan Polres Penajam Paser Utara siap mendukung pengamanan kunjungan kepala negara itu.

"Kami siagakan 267 personel membantu pengamanan kunjungan kepala negara di IKN Nusantara itu," tegas Kapolres.

Baca juga: Presiden Jokowi "groundbreaking" bandara VVIP IKN pada 1 November

Salah satu rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Kota Nusantara, tambah dia, untuk melakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan bandara Naratetama prasarana penunjang transportasi ibu kot negara baru Indonesia.

Lokasi pembangunan bandara pendukung transportasi Kota Nusantara terletak di sebagian wilayah Kelurahan Gersik dan Kelurahan Pantai Lango, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Lahan untuk area pembangunan bandara seluas 360 hektare, merupakan bagian dari bekas lahan hak guna usaha (HGU) PT Triteknik Kalimantan Abadi (TKA), yang dikelola Badan Bank Tanah seluas 4.162 hektare.
 
Bandara penunjang Kota Nusantara bakal dibangun dengan panjang landas pacu (runway) 3.000 meter dan bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Airbus A400.

Baca juga: Pj Gubernur Kaltim tinjau lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN
 
Bandara ibu kota negara baru Indonesia itu dibangun bertipe bandara internasional sekaligus untuk keperluan militer dengan berkoordinasi TNI Angkatan Udara.

Jadwal kunjungan kepala negara juga akan meninjau sejumlah titik proyek pembangunan infrastruktur Kota Nusantara yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku dan Kecamatan Penajam, demikian Hendrik Eka Bahalwa.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023