Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengharapkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berperan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kadin diharapkan menjadi mitra pemerintah dan ikut berperan aktif dalam berbagai program pembangunan, bukan saja untuk Provinsi Kaltim, tetapi dalam pembangunan IKN, yang sekarang proses pembangunannya terus berlangsung,” kata dia saat menerima kunjungan pengurus Kadin Kaltim di Samarinda, Jumat.

Dia mengatakan tugas pokok Kadin memfasilitasi penciptaan sinergi antar-pengusaha Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya.

Selain itu, melaksanakan komunikasi, konsultasi, dan advokasi dengan pemerintah dalam rangka mewakili kepentingan dunia usaha.

Ia mengatakan salah satu yang menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menyambut IKN berupa pembangunan pertanian dalam arti luas.

Baca juga: Kadin: Jaringan pipa Senipah-Balikpapan perluas pemanfaatan gas

Hal itu, menurut dia, penting guna mendukung daerah setempat sebagai lumbung pangan sehingga mampu berkontribusi dalam ketahanan pangan di Kaltim maupun IKN.

“Yang penjadi perhatian adalah bagaimana lahan-lahan pertanian yang tersebar di wilayah masing-masing kabupaten dan kota bisa terus menghasilkan pangan. Maka perlu adanya upaya maksimal dalam peningkatan pengairan lahan pertanian. Ini salah satu tugas Kadin, bagaimana caranya bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan hasil pertanian di Kaltim,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua Kadin Kaltim Dayang Donna Faroek menjelaskan tentang kelembagaan organisasi tersebut.

Selain itu, ia juga menyerahkan titipan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid berupa Peta Jalan Emas Indonesia 2024 untuk IKN kepada Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

"Kita juga berbicara terkait pengembangan ekonomi, harapannya sebagai mitra, kita harus berbenah dan bisa berkontribusi untuk IKN. Sesuai arahan pj gubernur, Kadin harus bisa mengimbangi serta berkontribusi untuk pembangunan dengan menggandeng investor agar berinvestasi di Kaltim maupun IKN," kata dia.(Adv/Diskominfo Kaltim)

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023