Program Kampung Jatanras yang dibentuk Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, di Kerok Laut Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, berlokasi di pesisir pantai menumbuhkan motivasi anak-anak di wilayah itu memiliki cita-cita tinggi.
 
Sebelum ada program Kampung Jatanras, menurut warga Kerok Laut Nazaruddin di Penajam, Jumat, anak-anak tidak ada niat untuk sekolah dan hanya ingin pergi ke laut untuk mencari ikan seperti pekerjaan orang tua mereka.
 
Setelah Program Kampung Jatanras di Kerok Api dibentuk oleh Polres Penajam Paser Utara, anak-anak di daerah itu mulai semangat bersekolah dan memiliki cita- cita tinggi bukan lagi hanya ingin menjadi nelayan.
 
"Program Kampung Jatanras membuat anak-anak bercita-cita menjadi polisi, dokter dan lainnya, apalagi setelah diajak personel Polres berkunjung ke sejumlah instansi," katanya.

Dia menambahkan, sejak terbentuk Kampung Jatanras banyak pejabat dari Polres, TNI dan pemerintahan berkunjung bertemu anak-anak, jadi mereka termotivasi untuk sekolah dan punya cita -cita tinggi.
 
Kampung Jatanras yang dibentuk Polres Penajam Paser Utara pada Juli 2023, sebagai mitigasi atau pencegahan secara dini kepada anak-anak dan remaja di wilayah Kerok Laut agar tidak melakukan tindak kejahatan dan kekerasan.
 
Kampung Jatanras menyediakan ruang makan dan ruang bermain bagi anak-anak, klinik kesehatan, serta pondok untuk pengajian sehingga anak-anak dan remaja punya aktivitas yang berguna.
 
Perilaku anak-anak di Kerok Api yang tidak tertib perlahan-lahan berubah menjadi tertib sejalan dengan program Kampung Jatanras di wilayah itu.
 
Kebiasaan anak-anak sejak dulu, kata warga Kerok Laut lainnya Basrun, sangat tidak tertib dan semau mereka bermain dari pagi hingga malam, dilarang juga sering tidak digubris.
 
"Dulu yang dilakukan anak-anak hanya bermain sampai malam, tapi sejak ada program pondok pengajian Kampung Jatanras, mereka lebih tertib tidak hanya bermain tapi juga belajar mengaji," ujarnya.
 
Program lainnya Kampung Jatanras, yaitu pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK), serta program penanggulangan dan pencegahan kekerdilan anak (stunting) akibat kurang asupan gizi.

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023