Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur Raup Muin mengusulkan daerah yang akrab disapa Benuo Taka itu harus memiliki ikon khas daerah.
 
"Kabupaten harus punya ikon yang dapat dikenal masyarakat dari luar daerah," ujar Raup Muin di Penajam, Rabu.
 
Pembangunan anjungan di kawasan pelabuhan, menurut Raup Muin, bisa menjadi ikon khas Penajam, selain sebagai pengembangan dan penataan kawasan.

"Kami dukung rencana pembangunan anjungan di kawasan pelabuhan penyeberangan speedboat (kapal cepat dan klotok (kapal kayu)," tambahnya.

Baca juga: Rumah Adat Kuta Rekan Tatau Penajam sering didatangi tamu luar daerah
 
Raup Muin mengatakan pelabuhan kapal cepat dan kapal kayu itu menjadi akses utama penyeberangan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan.
 
Pemerintah Kabupaten, lanjutnya, harus menyusun perencanaan pembangunan dengan cermat, termasuk kebutuhan pembiayaan pembangunan anjungan di pelabuhan tersebut.
 
"Menata kawasan pelabuhan dengan membangun anjungan akan menjadi kekhasan bagi masyarakat serta Kabupaten Penajam Paser Utara," jelasnya.

Baca juga: Pendapatan Penajam dari hotel dan restoran tumbuh positif seiring IKN
 
Namun, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga harus memperhatikan masyarakat sekitar pelabuhan yang akan terdampak dengan pembangunan anjungan tersebut.
 
Ciri khas Kabupaten Penajam Paser Utara itu adalah pelabuhan kapal cepat dan kapal kayu sebagai pintu gerbang masyarakat dari luar daerah.
 
Kawasan pelabuhan harus dijadikan ikon Kabupaten Penajam Pasar Utara, sehingga  harus dibenahi untuk mempercantik wajah kabupaten, demikian Raup Muin.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023