Tim gabungan dari berbagai unsur di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seluas 3,4 hektare di Dese Sidorejo, Kecamatan Penajam, pada Rabu malam.

"Karhutla tersebut diperkirakan terjadi mulai pukul 16.40 WITA, sedangkan laporan yang masuk ke tim pada pukul 17.11 WITA," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU Budi Santoso di Penajam, Kamis.

Karhutla yang berada di wilayah RT 01 Desa Sidorejo dengan titik koordinat 1,3699S 116,6615E membakar semak belukar dan pepohonan di kawasan itu. Pemadaman  dilakukan hingga malam hari.

Ia menjelaskan setelah laporan masuk pada Rabu pukul 17.11 WITA, tim di Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten PPU langsung bergerak dan berkoordinasi dengan semua unsur terkait untuk melakukan pemadaman bersama.

Tim gabungan melakukan pemadaman dengan dua cara yakni menggunakan mobil pemadam kebakaran dan menggunakan mesin portable milik BPBD setempat.

Pada pukul 19.34 WITA, lanjutnya, pemadaman dan pendinginan telah selesai. Namun sebelum tim kembali ke posko masing-masing untuk kembali bersiaga, mereka terlebih dulu memastikan kondisi lokasi aman.

“Secara visual di lokasi karhutla di Desa Sidorejo sudah padam. Tidak ada potensi munculnya titik api baru, sehingga tim kembali ke posko karena sudah yakin tidak ada potensi percikan api maupun bara,” katanya.

Tim gabungan yang turut memadamkan karhutla di lokasi adalah Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pos Petung, BPBD Kabupaten PPU, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Sidorejo, Kepala Dusun 1 Sidorejo, dan sejumlah warga.

"Sedangkan unit yang diturunkan di lokasi adalah dua mobil operasional dan dua  mesin portable milik BPBD, kemudian dari DPKP Pos Petung menurunkan dua unit mobil pemadam," kata Budi.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023