Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, terus memperkuat Program Kampung Iklim (Proklim) untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi dampak perubahan iklim.
 
"Kegiatan Proklim dapat meningkatkan ketahanan masyarakat menghadapi dampak perubahan iklim dan meningkatkan kualitas hidup sosial ekonomi masyarakat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara Tita Deritayati di Penajam, Kamis.
 
Kegiatan penguatan Proklim di antaranya, sosialisasi dan pelatihan perakitan alat pemanen air hujan kepada 12 desa dan kelurahan yang telah ditetapkan menjadi Kampung Iklim.
 
Sosialisasi dan pelatihan dilakukan agar masyarakat pada 12 desa dan kelurahan mengetahui cara pemanfaatan air hujan melalui teknologi filterisasi, sehingga menjadi air bersih yang layak untuk diminum langsung, ujarnya.
 
Kegiatan lainnya, adaptasi dan mitigasi Proklim di lingkungan masyarakat yang dilakukan sehari-hari bekerja sama dengan kelembagaan terkait, ujarnya.
 
"Kegiatan yang dilakukan seperti pemilahan sampah, pemanfaatan lahan pekarangan, perlindungan sumur dan mata air, perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS), penggunaan energi baru terbarukan dan penggunaan pupuk organik.
 
Proklim merupakan gerakan nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan juga kegiatan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas respon terhadap dampak perubahan iklim, kata dia, meliputi kegiatan adaptasi dan mitigasi melibatkan masyarakat di tingkat bawah.
 
Sebanyak 12 desa dan kelurahan telah ditetapkan KLHK menjadi Kampung Iklim karena dinilai memenuhi kriteria Proklim,
 
Desa yang ditetapkan menjadi Kampung Iklim, di antaranya Telemow, Bangun Mulya, Rintik, Babulu Darat, dan Babulu Laut, dan kelurahan yang ditetapkan menjadi Kampung Iklim, antara lain Kampung Baru, Pemaluan, Gunung Seteleng, Petung, Tanjung Tengah, Waru, dan Maridan.
 
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara mengupayakan agar keberadaan kampung iklim terus bertambah dengan melakukan program lingkungan hidup.
 
Peningkatan kapasitas Proklim terus ditingkatkan tidak saja pada desa dan kelurahan yang telah ditetapkan menjadi Kampung Iklim, tetapi juga terhadap desa dan kelurahan lainnya, demikian Tita Deritayati
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023