Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai membangun pusat jajanan serba ada (Pujasera) untuk meningkatkan perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
"Tahun ini (2023) dibangun sebanyak 16 kios atau tempat jualan UMKM dan akan dilanjutkan ada tahun depan (2024)," jelas Kepala Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara Saidin di Penajam, Selasa.
 
Sebanyak 16 kios itu dipastikan akan beroperasi pada 2024, lanjut dia, untuk memacu pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Penajam Paser Utara dari sektor UMKM.
 
Secara keseluruhan Pujasera bakal dilengkapi dengan panggung seni budaya dan musik agar masyarakat dapat tampil, tempat nongkrong, mainan anak-anak, serta fasilitas umum lainnya, selain puluhan kios tempat berjualan.
 
"Tetapi tahun ini hanya dibangun 16 kios terlebih dahulu menyesuaikan anggaran pemerintah kabupaten," ujarnya.
 
"Saat ini pengerjaan fisik 16 kios sedang berlangsung dan ditargetkan selesai pada Desember 2023," tambahnya.
 
Lokasi pusat jajanan serba ada tersebut dibangun di kawasan Pasar Induk Nenang, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pujasera akan dibangun dengan desain sederhana dan menarik agar tidak ketinggalan zaman, dengan total anggaran yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara lebih kurang Rp2,7 miliar.
 
UMKM akan diminta untuk mengisi kios atau tempat berjualan, kata dia, setelah pusat jajanan serba ada selesai dibangun.
 
Pujasera yang menampung pelaku UMKM itu bakal menjadi pusat keramaian dan masyarakat yang datang dapat memilih makanan atau minuman dan sebagainya.
 
Pusat jajanan serba ada memberikan tempat kepada pelaku UMKM agar berjualan dalam satu lokasi tertata dan rapi," kata Saidin.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023