Nunukan (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kembali mengalami kekeringan atau hari tanpa hujan selama tiga pekan seperti kejadian pada 2005 dengan suhu udara terasa ekstrim.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Nunukan, Eko Trisantoro di Nunukan, Senin menyebutkan kejadian serupa pernah terjadi pada 2005 lalu dengan waktu dan bulan yang sama.

Hari tanpa hujan yang melanda daerah itu sejak 25 Pebruari-16 Maret 2014, kata Eko Trisantoro.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan selama ini dan data yang dimiliki BMKG Kabupaten Nunukan merupakan hari tanpa hujan yang paling lama dibandingkan sebelumnya.

Eko Trisantoro mengungkapkan, kejadian hari tanpa hujan seperti sembilan tahun silam tidak diketahui penyebabnya tetapi informasi dari sejumlah daerah di wilayah utara Pulau Kalimantan dan daerah lainnya di Indonesia yang terletak di bagian utara mengalami hal yang sama.

"Kejadian yang sama pernah terjadi di Kabupaten Nunukan pada 2005 lalu pada bulan yang sama yakni Pebruari sampai Maret," ujar dia.

Ia mengakui kondisi cuaca berada di atas normal mencapai 34 derajat celcius namun belum dikategorikan cuaca ekstrim karena memang situasinya termasuk bulan kering atau tanpa curah hujan.

Masyarakat di daerah itu menganggap cuaca ekstrim karena terbiasa dengan hujan turun tiga hari sepekan, kata dia.

Kejadian ini, kata dia, hanya perubahan pola cuaca dan BMKG setempat sedang melakukan kajian terkait dengan hari tanpa hujan selama tiga pekan yang tidak berlangsung setiap tahun.

"Kami masih mengkaji terkait kejadian hari tanpa hujan panjang ini, karena tidak terjadi setiap tahun. Kejadian yang sama hanya pada 2005 lalu yang kondisi dan waktunya yang sama," terang dia. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014