Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menggelar operasi pasar murah guna menjaga stabilitas harga sekaligus meringankan beban masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara Saidin, di Penajam Rabu, mengatakan operasi pasar murah itu akan digelar di setiap kecamatan.

Bahan kebutuhan pokok yang dijual dalam operasi pasar murah, yakni beras, gula, dan minyak goreng karena komoditas itu berpotensi mengalami kenaikan harga.

Saidin mengatakan operasi pasar murah juga bertujuan menjaga pasokan kebutuhan bahan pokok di masyarakat daerah Benuo Taka itu.

Baca juga: TPID Kaltim rutin operasi pasar untuk kendalikan inflasi
 
Harga kebutuhan pokok di Penajam melonjak, menurut Saidin, dipengaruhi peningkatan permintaan pasar serta faktor cuaca ekstrem yang menghambat pengiriman pasokan.
 
Pada tahap awal, Dinas Kukmperindag Penajam Paser Utara telah menggelar operasi pasar murah di Pasar Rakyat Nipah-Nipah Kecamatan Penajam, dan akan dilanjutkan ke pasar rakyat di kecamatan lain.
 
Operasi pasar murah di Kabupaten Penajam Paser Utara itu dilakukan dengan kerja sama Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk empat kecamatan.

Baca juga: Bulog Samarinda jual 1 ton daging dalam operasi pasar
 
Bulog menawarkan harga bahan kebutuhan pokok sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang terjangkau bagi masyarakat.
 
Saidin menambahkan gelaran operasi pasar murah diharapkan bisa meringankan beban masyarakat dengan memudahkan akses bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023