Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sebanyak 406 titik panas tersebar pada delapan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur dan telah diinformasikan ke pihak terkait untuk penanganannya.

"Sebanyak 406 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 Wita," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Senin.

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu, ia mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi karhutla.

Sebaran 406 titik panas ini telah diinformasikan ke pihak terkait di wilayah kerja masing-masing, termasuk ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Delapan kabupaten/kota yang terpantau 406 titik panas hari ini adalah di Balikpapan (1) Paser (37), Penajam Paser Utara (4), Kutai Barat (92), Kutai Timur (56), Kutai Kartanegara (21), Berau (172), dan Kabupaten Mahakam Ulu (23) titik panas.

Rinciannya, antara lain titik di Kabupaten Kutai Barat yang terpantau 92 titik tersebar pada lima kecamatan yakni Penyinggahan (4) titik, Muara Pahu (11), Linggang Bigung (1), Jempang (43), dan kecamatan Bongan (2) titik yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kabupaten Paser yang terpantau 37 titik, tersebar pada tujuh kecamatan yakni Tanjung Harapan (2), Pasir Belengkong (15), Muara Komam (4), Long Kali (4), Long Ikis (3), Batu engau (3), dan Kecamatan Batu Sopang (6) titik juga dengan tingkat kepercayaan menengah.

"Kabupaten Kutai Kartanegara yang terpantau 21 titik panas, tersebar di enam kecamatan yakni di Samboja (5), Sanga-Sanga (3), Muara Kaman (7), Loa Kulu (1), Kenohan (1), dan Kecamatan Anggana (4) titik dengan tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023