Komandan Korem (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo mengatakan Komando Resor Militer (Korem) yang dipimpinnya mengutamakan peran sebagai pengayom keberagaman pada masyarakat sekitar.

"Bangsa kita kaya akan suku, budaya, bahasa, agama, dan adat istiadat, termasuk di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang sejak dulu memang dikenal hiterogen," ujar Danrem 091/ASN saat membuka Turnamen Domino bersama Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kaltim di Samarinda, Sabtu. 

Yudhi menilai turnamen yang digelar dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI itu sebagai bentuk kegiatan positif menyatukan masyarakat di sekitar Korem 091/ASN yang beragam latar belakang.

Masyarakat Kalimantan Timur, menurut Yudhi, berlatar belakang heterogen yang seakan menjadi miniatur Indonesia dengan hampir semua etnis terdapat di provinsi itu.

Yudhi pun menekankan hal pertama kali yang ditanamkan pada diri pribadi dan semua prajurit adalah menghargai keberagaman sejak dia menjabat sebagai Danrem 091/ASN.

Baca juga: TNI kibarkan Merah Putih 110 X 48 meter di IKN

"Kami selalu menjalin silaturahim dengan berbagai etnis dan berbagai kalangan karena keberagaman itu indah. Kami sudah menampilkan beberapa kali tari seperti Tari Dayak dan Tari Jepen. Kemudian, ada juga penampilan Reog. Hari ini, main domino dengan KKSS Kaltim," kata Yudhi tentang berbagai kegiatan yang mencerminkan keberagaman masyarakat Kaltim menyambut HUT RI.

Kalimantan Timur, lanjut Yudhi, merupakan Indonesia masa depan karena Ibu Kota Negara baru telah ditetapkan di provinsi itu dengan nama Nusantara. Peradaban akan terpusat di daerah berjuluk "Benua Etam" itu.

"Mengingat Kaltim merupakan masa depan Indonesia, jadi sudah sewajarnya kita harus saling menghormati keberagaman agar tercipta persatuan dan kesatuan. Dalam lingkup itu, kita merupakan bagian yang harus membangun Kaltim khususnya dan secara luas untuk Indonesia agar terwujud masyarakat sejahtera," katanya. 

Dalam kesempatan itu Ketua KKSS Kaltim Alimuddin Latief mengaku bersyukur karena bisa menjalin kerja sama dengan Korem 091/ASN.

Kerja sama dengan Korem 091/ASN itu, menurut Alimuddin, baru pertama kali dilakukan sehingga dia berharap turnamen domino menjadi agenda tahunan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Baca juga: Danrem 091/ASN ingatkan Babinsa hadapi dinamika penyangga IKN

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023