Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Sabtu (2/9), mulai dari mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim Christianus Benny resmi ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung atas kasus pemalsuan izin tambang, hingga Pemerintah Kota Samarinda berencana meronevasi Gelanggang Olah Raga (GOR) Segiri dengan menganggarkan Rp36 miliar.

Berikut rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Mantan Kadis ESDM tersangka

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung menetapkan tersangka kedua kasus dugaan tindak pidana korupsi penerbitan dokumen perizinan pertambangan PT Sendawar Jaya setelah beberapa waktu sebelumnya menetapkan anggota Komisi I DPR RI Ismail Thomas sebagai tersangka.

Tersangka kedua yang ditetapkan adalah Christianus Benny (CB), mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Kukar terima Anugerah Merdeka Awards 2023

Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan Inovatif untuk Negeri pada anugerah Merdeka Awards tahun 2023 yang diselenggarakan di Jakarta.

Penghargaan Merdeka Awards tersebut juga diterima Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Ubah wajah GOR Segiri

Pemerintah Kota Samarinda merenovasi Gelanggang Olah Raga (GOR) Segiri, dengan anggaran Rp36 miliar yang ditargetkan selesai pada 2024.
 
“Kami ingin meningkatkan kualitas dan kapasitas GOR Segiri. Saat ini, GOR Segiri hanya menampung delapan ribu orang dengan luas 2.371 meter persegi,” kata Wali Kota Samarinda Andi Harun di Samarinda, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Penyelewengan TPP RSUD AWS

Komisi IV DPRD Kalimantan Timur bersama manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda  membahas dugaan penyelewengan dana Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di rumah sakit tersebut sebesar Rp6,3 miliar yang melibatkan oknum staf administrasi keuangan berinisial YO.
 
"Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur telah melakukan pemeriksaan kepada YO terkait kasus tersebut, dan saya juga dipanggil untuk memberikan keterangan," ujar Direktur RSUD AWS dokter David Hariadi Masjhoer di Samarinda, Sabtu

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Desa di IKN terancam batal pilkades

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyebut lima desa yang masuk wilayah Ibu Kota Negara Nusantara di Kecamatan Sepaku terancam batal menggelar pemilihan kepala desa karena keberadaan desa itu bakal dihapus.

"Ada 14 desa yang akan menggelar pilkades serentak pada 29 Oktober 2023, lima desa di antaranya berada di Kecamatan Sepaku sebagai wilayah yang ditetapkan masuk Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)," jelas Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Sodikin di Penajam, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023