Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan Inovatif untuk Negeri pada anugerah Merdeka Awards tahun 2023 yang diselenggarakan di Jakarta.

Penghargaan Merdeka Awards tersebut juga diterima Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya melahirkan inovasi dari tingkat RT hingga kabupaten. Ini kebanggaan tersendiri untuk masyarakat Kukar," ucap Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin dalam keterangan di Samarinda, Sabtu.

Ia mengatakan sebagai mitra IKN Nusantara, Pemkab Kukar sadar tidak bisa terus menerus mengandalkan sektor minerba untuk menopang perekonomian.

Oleh karenanya, Kukar terus mendorong agar seluruh pihak dapat mengembangkan inovasi di berbagai sektor.

Salah satunya, lanjut Rendi pengembangan sektor pertanian misalnya, yang akhirnya berhasil membawa Kukar menjadi lumbung pangan nomor satu di Kalimantan Timur (Kaltim), yang nantinya bakal menjadi penopang utama bagi masyarakat di IKN Nusantara.

"Kami mendorong semua kalangan, baik pelaku UMKM, petani, nelayan, terutama anak-anak muda untuk membuat suatu inovasi minimal satu dalam satu tahun," kata Rendi.

Terdapat setidaknya tiga inovasi yang mendapatkan pengakuan, maupun perhatian dari masyarakat luas, yaitu Program Inovatif Kemandirian Ekonomi, Program Inovatif Bidang Pelayanan Publik, Program Inovatif Pendukung Digitalisasi

"Sebagai orang daerah, kami sangat memberikan atensi atas penghargaan sebagai motivasi, agar terciptanya inovasi di tengah masyarakat motivasi dari teman-teman di pusat, mendorong agar kami di daerah lebih semangat membangun daerah dan untuk Indonesia," jelasnya.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023