Kepolisian Resor (Polres) dan Komando Distrik Militer (Kodim) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendampingi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat melakukan kunjungan kerja di Kelurahan Pantai Lango untuk menggiatkan program penanggulangan kekerdilan anak (stunting) akibat kekurangan asupan gizi.
 
Gagal tumbuh anak yaitu kekerdilan atau stunting, kata Ketua Tim Kunjungan Kerja Kemenkes Yuni Zahraini di Penajam, Jumat, tidak hanya terjadi pada fisik tetapi juga pada perkembangan kognitif yang memiliki dampak jangka panjang terhadap kemampuan anak untuk belajar di sekolah maupun dalam kehidupan.
 
Pemberian makanan tambahan terutama berbahan pangan lokal sangat penting, lanjut dia, bagi ibu hamil yang memiliki risiko Kurang Energi Kronis (KEK), serta balita berat badan tidak naik, balita berat badan kurang dan balita gizi kurang.
 
Kemenkes terus menggiatkan pencegahan stunting dengan melakukan aksi gizi dengan sasaran para remaja, konsumsi tablet tambah darah dengan sasaran ibu hamil.
 
Kemudian menurut dia, dengan lebih mengaktifkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dengan sasaran kader Posyandu, balita serta Ibu dan keluarga balita.
 
Upaya lainnya melakukan pembinaan dan pembentukan Posyandu remaja sebagai sarana pelayanan kesehatan, khususnya pada remaja putri bekerja sama dengan berbagai pihak.
 
"Kami juga mendorong partisipasi kader kesehatan, kader remaja dan pendamping keluarga untuk pengawasan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri," ujar Yuni Zahraini.
 
"Kedatangan kami ingin menyiapkan anak muda untuk 20 tahun ke depan untuk masa depan bangsa dengan cara memperbaiki lingkungan, jadi tidak ada lagi stunting," jelas Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Hendrik Eka Bahalwan.
 
Kunjungan Kemenkes juga melakukan peninjauan fasilitas kesehatan dan kondisi lingkungan, jelas Kapolres, serta melakukan sosialisasi program penurunan stunting.
 
Dandim 0913 Penajam Paser Utara Letkol Inf Arfan Affandi mengajak masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara bersama-sama menjaga kesehatan lingkungan, khususnya di Kelurahan Pantai Lango karena daerah perairan atau pesisir.
 
Pencegahan stunting merupakan tugas lintas sektor, TNI dan Polri terlibat langsung dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia, termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara, demikian Dandim.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023