Duta Generasi Berencana (GenRe) asal Kabupaten Paser Ahmad Hasbullah  mewakili Provinsi Kaltim pada lomba duta GenRe tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

"Karena menjadi juara pertama pada lomba Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Provinsi Kaltim maka berhak menjadi wakil Kaltim di lomba tingkat nasional yang rencana digelar Oktober nanti, " kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser, Amir Faisol, Senin (28/8).

Sementara perwakilan Paser lain, Monicha Angelina Saron Sampurno yang merupakan siswi SMKN 1 Tanah Grogot, harus puas dengan posisi kedua.

Amir mengatakan lomba duta GenRe tingkat Kaltim digelar di Samarinda, Jumat (25/8) malam lalu. 

Ia menjelaskan setelah menjadi juara Duta GenRe, pelajar Paser memiliki tugas sebagai konselor sebaya yang memberikan edukasi kepada teman-teman sejawatnya tentang bahayanya pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, serta sosialisasi untuk tidak melakukan pernikahan dini.

“Tujuannya agar pelajar fokus belajar menyongsong masa depan dan mempersiapkan dengan matang kehidupannya,” katanya.

Duta GenRe, kata Amir, akan dilibatkan dalam kegiatan penyuluhan ke sekolah-sekolah. Tugas mereka sama seperti Forum Anak namun yang membedakan mereka adalah sebagai contoh bagi teman-teman pelajar.

“Kalau forum anak itu lembaga yang kerjanya sama mengedukasi tentang hak-hak anak. Sedangkan Duta Genre merupakan upaya Pemkab Paser dalam memberikan pembinaan kepada pelajar tentang ketahanan remaja. 

Amir berharap melalui program  tersebut remaja mendapat akses informasi tentang konseling kesehatan khususnya berkaitan dengan reproduksi, seksual, serta perencanaan kehidupan berkeluarga.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023