Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Selasa (22/8), mulai 57 rumah dan empat lamin terbakar di Kabupaten Kutai Barat, hingga Kaltim tetapkan status siaga kekeringan, kebakaran hutan, dan asap.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Kebakaran di Kubar
 
Sebanyak 197 jiwa dari 61 keluarga mengungsi setelah 57 rumah dan empat lamin di Kampung Muhur, Kecamatan Siluq Ngurai, Kutai Barat, Kalimantan Timur, menyusul kebakaran yang melanda kampung itu pada Minggu malam (19/8).
 
Lamin atau rumah panjang adalah rumah bersama beberapa keluarga. Turut terbakar juga 17 rumah sarang walet.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Siapkan hujan buatan
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Timur (Kaltim) mempersiapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk membuat hujan buatan guna mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah.
 
“Kami sudah mengusulkan ke pusat untuk pengadaan TMC (hujan buatan), untuk penanggulangan kemarau. Itu upaya kami,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kaltim Tresna Rosano di Samarinda, Selasa.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Siaga karhutla
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menetapkan status siaga bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta asap akibat karhutla, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kaltim Nomor 100.3.3.1/K.620/2023.
 
SK tersebut merupakan hasil dari rapat koordinasi (rakor) terkait kesiapsiagaan karhutla yang digelar sekitar dua minggu yang lalu, dengan mengundang stakeholder terkait karhutla dan perubahan iklim.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Satelit IKN
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mempersiapkan empat kelurahan yakni Maridan, Riko, Sepan, dan Sotek, sebagai kawasan satelit Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
Keempat kelurahan tersebut paling dekat dengan akses jalan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yakni Bandara Naratetama sebagai pendukung transportasi IKN.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Kaltim Expo tembus transaksi Rp10 miliar
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, mengatakan perputaran uang yang dihasilkan dari Kaltim Expo 2023 berlangsung di Convention Hall Samarinda, sejak 18 hingga 22 Agustus 2023 mencapai Rp10 miliar.
 
Ia menjelaskan, Kaltim Expo merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) sekaligus menunjukkan capaian kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim selama lima tahun.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023