Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, memasang paranet pada taman di tepi dan median jalan guna antisipasi kerusakan tanaman saat Pawai Pembangunan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Sabtu (19/8).
 
"Kami berupaya melindungi tanaman-tanaman yang ada di pinggir jalan, yang menjadi rute pawai pembangunan tersebut,” ujar Kepala Bidang Lingkungan dan Pertamanan DLH Samarinda Roro Dyah Maharani di Samarinda, Jumat.

Rute pengawalan penjagaan tanaman dan kebersihan dimulai dari GOR Segiri, ke jalan Kesuma Bangsa, menuju jalan Agus Salim, jalan Abul Hasan, jalan Sudirman, jalan Awang Long hingga Taman Samarendah.
 
Selain memasang paranet, DLH Samarinda juga melakukan pemeliharaan dan perawatan tanaman agar tetap segar dan indah saat pawai berlangsung.

“Kami juga menambahkan beberapa tanaman hias dan bunga untuk mempercantik tampilan taman di median jalan,” katanya.

Baca juga: Kaltim Expo 2023 pamerkan pencapaian Gubernur Isran-Wagub Hadi

DLH Samarinda juga menurunkan sekira 120 petugas kebersihan dan pertamanan termasuk pegawai DLH, untuk memastikan kebersihan tetap terjaga dan lingkungan tetap asri dan bersih selama acara berlangsung.
 
Roro Dyah mengatakan kantong sampah juga disiapkan di sepanjang rute agar masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Penyediaan kantong sampah sebagai upaya pendukung tenaga kebersihan yang akan diturunkan usai acara. Tujuannya, tidak ada sampah berserakan sepanjang rute pawai pembangunan.
 
"Kepada masyarakat, silakan meriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia dengan suka cita dan kegembiraan, tapi tetap tertib untuk menjaga lingkungan sekitar agar senantiasa asri dan bersih," demikian Roro Dyah.

Baca juga: Pendaftar Pawai Pembangunan Samarinda mencapai 183 kelompok

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023