Jumlah peserta yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Pawai Pembangunan dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, hingga hari ini sudah mencapai 183 kelompok, sehingga diprakirakan sampai besok masih ada penambahan peserta. 


"Pawai Pembangunan dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ini akan kami gelar Sabtu, 20 Agustus, sedangkan pendaftaran ditutup besok," ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda Muslimin di Samarinda, Kamis. 

Jumlah 183 pendaftar tersebut terdiri dari 90 kelompok peserta jalan kaki, 79 mobil hias, dan 14 kelompok drumband.

Namun ia memperkirakan untuk peserta pawai yang jalan kaki masih akan bertambah sekitar 10 kelompok lagi hingga Jumat, sehingga total peserta pejalan kaki ada sekitar 100 kelompok. 

Menurut Muslimin, jumlah peserta masih akan bertambah, karena dalam dua tahun terakhir tidak digelar pawai akibat adanya Pandemi COVID-19, sehingga kerinduan masyarakat terhadap pawai sangat besar.

Begitu pula dengan pengunjung yang ingin menyaksikan pawai pun akan lebih banyak, karena warga juga merindukan hiburan pawai keliling yang selalu meriah, sehingga perlu bantuan dari pihak terkait untuk pengamanan, terutama di kawasan panggung kehormatan dan sepanjang rute pawai. 

Menurutnya, untuk titik kumpul bagi peserta pawai pejalan kaki dan drumband, dipusatkan di Lapangan GOR Segiri, sedangkan kelompok mobil hias dengan titik kumpul di lingkungan Balai Kota hingga Jalan Dahlia dan seterusnya. 

Sedangkan untuk rute pawai adalah dimulai ke luar dari GOR Segiri dan Balai Kota ke Jalan Kesuma Bangsa, berlanjut ke Jalan Bayangkara,  Jalan Awang Long,  Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Pagi, Jalan KH Khalid, Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Agus Salim, dan kembali ke Jalan Kesuma Bangsa.

Untuk susunan barisan pawai, setiap enam kelompok pejalan kaki akan diselingi dengan satu grup drumband, yakni untuk pemerataan suasana pawai karena kemeriahan lantunan musik drumband dapat dirasakan hampir di seluruh bagian pawai. 
 
Potongan spanduk digital Pawai Pembangunan di Samarinda yang akan digelar Sabtu (20/8) (Ist/HO Pemkot Samarinda)


Ia melanjutkan, guna mengantisipasi masalah kesehatan, terutama bagi peserta pawai, maka panitia menyiapkan lima posko kesehatan di lima titik yang ada dalam rute pawai tersebut. 

"Posko kesehatan ada yang dibangun dekat Panggung Kehormatan atau depan Taman Samarendah Jalan Bhayangkara, kemudian di Simpang Bank Kaltim, Simpang Pasar Pagi, dekat SD Jalan Imam Bonjol, dan di depan GOR Segiri," ujar Muslimin. (Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022