Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengharapkan sektor perbankan baik milik pemerintah maupun swasta bisa ikut berperan aktif dalam pengembangan usaha kecil kerakyatan atau usaha mikro kecil menengah ( UMKM).

"Kami harapkan bukan hanya sekedar pelatihan, ataupun pembinaan, namun para UMKM ini juga perlu dukungan permodalan dari perbankan," katanya  saat membuka Gebyar Hari UMKM Nasional 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Timur. di Gelora Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Minggu.

Hadi Mulyadi mengungkapkan Gebyar Hari UMKM Nasional 2023 dengan tema "Transformasi UMKM Masa Depan” ini menjadi momentum penting bagi kebangkitan sektor usaha kecil, khususnya yang ada di daerah, untuk terus bergerak maju agar ekonomi masyarakat semakin mapan dan sejahtera.

Hadi memotivasi kepada para pelaku UMKM untuk mengikuti kemajuan di bidang teknologi baik dalam hal produksi, pengemasan hingga pemasaran produk sehingga produk lokal bisa mempunyai jangkauan pasar yang lebih luas.

“Gebyar UMKM Nasional 2023 berdekatan dengan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kedua momentum ini memberikan pesan kepada kita bahwa masyarakat Kaltim harus bersatu menuju sejahtera," kata Hadi.

Hadi mengingatkan kepada masyarakat untuk terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan, demi terciptanya negara yang aman tertib dan damai.

“Dengan kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, maka Negara Indonesia akan tetap utuh dalam satu kesatuan, dan pelaku UMKM akan semakin nyaman dan tenang dalam berusaha dengan lingkungan yang aman dan damai,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan UKM Kaltim Heni Purwaningsih mengatakan berbagai rangkaian telah digelar dalam rangka Gebyar Hari UMKM Nasional 2023 tingkat Provinsi Kaltim, di antaranya kegiatan lomba-lomba yang diikuti pelaku UMKM hingga pelaksanaan jalan sehat.

“Hari ini juga Pak Wagub akan me-'launching' produk baru UMKM Kaltim, yang diharapkan bisa jadi ikon baru oleh-oleh khas Kaltim, yaitu strudel nanas. Kita juga menyerahkan hadiah kepada juara-juara lomba Gebyar Hari UMKM Nasional 2023,” jelasnya.


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023