Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor meminta ANTARA melanjutkan pemberitaan positif terkait pembangunan dan proses perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kota Nusantara di Kalimantan Timur, serta tahapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.
 
"Sebagai media milik negara, saya percaya ANTARA akan lanjutkan pemberitaan positif soal pemindahan Ibu Kota Negara," kata Isran dalam pertemuan dengan ANTARA Biro Kalimantan Timur di Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Rabu.
 
Isran yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia juga berharap ANTARA, terutama Biro Kaltim, terus melanjutkan pemberitaan secara independen, serta tidak  memberikan arahan karena tidak ingin mengintervensi konten redaksi.
 
Dalam pertemuan tersebut,  Isran percaya ANTARA sudah cerdas memberikan informasi yang mencerahkan, terutama saat disinggung terkait IKN dan informasi kepemiluan.

Baca juga: Kemenkominfo apresiasi kinerja ANTARA sebarkan berita G20
 
Sementara, Plt Kepala Biro ANTARA Kalimantan Timur Imam Santoso mengatakan ANTARA akan terus melanjutkan pemberitaan positif tentang pembangunan dan perpindahan IKN ke Kota Nusantara di Benua Etam.
 
"Kami juga akan mengawal kesuksesan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024, dengan pemberitaan yang menyejukkan sekaligus menjadi mercusuar informasi valid, karena saat ini marak kabar misinformasi dan disinformasi, terutama lewat media sosial," kata Imam.
 
Imam mengatakan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA, dalam perannya sebagai media massa milik negara, tidak selalu bergerak dalam koridor bisnis melainkan juga pemberitaan yang mempererat kebangsaan sekaligus merawat kebhinekaan.
 
"ANTARA tidak selalu berpikir pada aspek untung rugi karena status entitas bukan bisnis murni. ANTARA selalu hadir dalam berbagai peristiwa di Tanah Air, bahkan bukan hanya di Kalimantan Timur atau Jabodetabek," ujar Imam.

Baca juga: Dirut ANTARA: Buku "Dialektika Digital" memantik diskusi jurnalisme
 
Kantor Berita ANTARA, lanjut Imam, sering menjadi mercusuar informasi bagi media massa nasional karena selalu mengedapankan kabar yang mewakili berbagai daerah di Indonesia.
 
"Para pemangku kepentingan di daerah mengapresiasi kerja ANTARA yang melayani negeri dan tidak selalu mengedepankan perhitungan komersil," kata Imam.
 
Kepada Gubernur Isran Noor, Imam menyampaikan Kantor Biro ANTARA Kaltim juga terlibat aktif sebagai bagian dari kepanitian Peringatan HUT RI yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, terutama terkait penyebaran informasi rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia.

Baca juga: Akhmad Munir jabat Direktur Utama LKBN ANTARA

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023