Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, memberikan bekal teknis kepada panitia pemilihan kepala desa (pillkades) tingkat kecamatan dan desa.

"Kami berikan materi pembekalan teknis kepada panitia pilkades tingkat kecamatan dan desa yang baru dilantik," ujar Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Pang Irawan di Penajam, Kamis.

"Panitia pilkades ini diberikan bekal menyangkut perencanaan pelaksanaan dan pengamanan pemilihan kepala desa hingga penetapan dan pelantikan kepala desa terpilih," ujarnya.

Kemudian, kata dia, juga panitia dibekali menyangkut kesiapan cetak surat suara, tampar pemungutan suara dan penyusunan data pemilih sementara sampai penetapan data pemilih tetap.

Selain memberikan pembekalan teknis kepada panitia pilkades tingkat kecamatan dan desa, kata Irawan, pihaknya juga memastikan kesiapan serta ketersediaan kebutuhan yang diperlukan panitia pemilihan kepala desa.

Baca juga: Pilkades Penajam syaratkan pemilih berdomisili minimal enam bulan

"Diharapkan pelaksanaan pilkades sampai pencoblosan dan penetapan kepala desa terpilih bisa berjalan lancar," ujarnya.

Tahapan pelaksanaan pilkades di daerah itu mulai pada Juli 2023, dan saat ini masuk tahapan penyusunan data pemilih sementara yang kemudian menjadi data pemilih tetap.

Pendaftaran bakal calon kepala desa yang menjadi peserta pilkades dibuka mulai 30 Agustus 2023, dan pemungutan suara dilakukan pada 29 Oktober 2023.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara terus mematangkan proses pilkades 14 kepala desa di daerah berjuluk Benuo Taka itu yang berakhir pada Januari 2024.

Sebanyak 14 kepala desa yang akan berakhir masa jabatannya itu di antaranya, Kepala Desa Sidorejo dan Giripurwa di Kecamatan Penajam, serta Kepala Desa Bangun Mulya di Kecamatan Waru.

Selanjutnya, Kepala Desa Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia dan Kepala Desa Labangka Barat di Kecamatan Babulu, serta Kepala Desa Bumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi dan Kepala Desao Telemow di Kecamatan Sepaku, demikian Pang Irawan.

Baca juga: Bawaslu Penajam awasi bacaleg memanfaatkan momentum pilkades

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023