Prajurit TNI dari kesatuan Komando Resor Militer (Korem) 091/ASN Samarinda, Kalimantan Timur, memimpin warga di sekitarnya membuat aneka umbul-umbul, menyiapkan bambu, dan lainnya untuk pemasangan Bendera Merah Putih guna menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78.

"Pemasangan umbul-umbul sudah kami lakukan mulai sekarang, baik umbul-umbul dari kain maupun botol, sedangkan untuk pemasangan bendera akan dilakukan mulai 1 Agustus, namun semuanya sudah kami siapkan sejak kemarin," ujar Sertu Mualimin di Samarinda, Selasa.

Untuk umbul-umbul dari botol telah dipasang melintang di atas jalan dengan diikat berderet menggunakan tali, botol plastik bekas air mineral yang dicat merah putih untuk menyemarakkan Kemerdekaan RI sepanjang Agustus tahun ini.

Dalam hal ini, ia bersama warga mengumpulkan ribuan botol bekal kemudian dicat merah putih. Saat ini pun pihaknya masih membutuhkan banyak botol lagi untuk dijadikan umbul-umbul, karena masih ada beberapa titik jalan yang belum digantungi umbul-umbul botol plastik merah putih.

Sertu Mualimin yang dipercaya warga sebagai Ketua RT 04, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda ini juga telah memanfaatkan bambu sebagai penyemarak lingkungan karena bagian ujung tidak dipangkas ranting dan daunnya.

Bambu yang akan ditancapkan di sisi kanan dan kiri jalan tersebut juga sekaligus sebagai tiang untuk pemasangan umbul-umbul dari kain, sehingga suasana perkampungan pinggir kota ini lebih meriah.

"Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus menghargai jasa para pahlawan yang berjuang mengorbankan segalanya bahkan hingga nyawa sampai merdeka, sehingga kemerdekaan ini dapat kita rasakan hingga hari ini," ujar Mualimin yang sehari-harinya bertugas di Detasemen Peralatan (Denpal) tersebut.

Untuk itu, ia mengajak generasi penerus bangsa selalu bersatu, tidak mudah terpecah belah meski berbeda dukungan di tahun politik ini, kemudian mengisi kemerdekaan sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing.

"Hal yang tak lelah penting adalah selalu berbuat baik, tidak menyakiti orang lain, rajin membantu agar bermanfaat bagi sesama. Termasuk semua pihak harus menjaga lingkungan tetap kondusif, termasuk menjaga lingkungan selalu rapi dan tidak membuang sampah sembarangan," kata Mualimin.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023